Rute Kesebelas Jelajah Garut Tahun 1924

Kampung Cimaragas – menyeberang Slokan Cimanuk – menyeberang Sungai Cipeujeuh – kampung Sodong – kampung Muara – jalan raya. Dapat pula dari kampung Sodong jalurnya ke kampung Ganasari – jalan raya.

Rute Kesebelas Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kesebelas Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kesebelas Jelajah Garut Tahun 1924

Sedikit di utara dari rute kesepuluh, rute ini juga menyambungkan jalan Mangoenredja (Jalan Raya Cilawu atau Jalan Garut-Tasikmalaya) dengan jalan Tjisoeroepan (Jalan Raya Bayongbong atau Jalan Garut-Cikajang). Hanya saja, rute ini menghubungkannya dari Cimaragas menuju Ganasari.

Jika kita mencoba menjajal rute ini sekarang, ada baiknya kita juga mencoba mencicipi sajian Nasi Liwet yang cukup terkenal di Cimaragas, tempatnya juga unik dengan pemandangan yang indah. Dari Cimaragas, dikatakan kita harus menyeberang Slokan Cimanuk, mungkin istilah slokan ini maksudnya adalah aliran air atau irigasi dari bendung Sungai Cimanuk di Bayongbong. Kemudian kita menyeberang Sungai Cipeujeuh, ke Kampung Sodong ke Muara Sanding dan kembali ke Jalan Raya.

Rute Kesebelas Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kesebelas Jelajah Garut Tahun 1924

Rute kesebelas ini ditandai dengan bulatan hitam dengan garis horizontal putih di tengahnya dengan angka 1 sampai 4. Dapat dilihat, dari nomor 2 di kampung Sodong, kita bisa memilih untuk menuju nomor 3 atau 4 terlebih dahulu, yang akhirnya akan bertemu di jalan raya yang sama. Dari jalan ini, kalian tinggal naik angkot Bayongbong untuk kembali ke Garut Kota, hehe…

Pemandangan yang dilalui di rute ini hampir sama dengan rute kesepuluh, hanya saja rute ini bisa jadi lebih pendek karena kita bisa memangkas nomor 3 atau nomor 4 dari perjalanan, agar tidak terlalu capek.

***

|| JGTours || JGMerch || JGRental ||

***

Rute Kesebelas Jelajah Garut Tahun 1924,
Jelajah Garut, 2016

Sumber:

Eenige Wandelingen in de Omstreken van Garoet Behoorende bij de Wandelkaart, Java Vereeniging Toeristenverkeer

naratasgaroet.wordpress.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This