Rute Kelima Jelajah Garut Tahun 1924

Jalan raya Tarogong-Leles dekat kampung Selagedang – pemandian Cibuyutan – kembali ke semula.

Rute Kelima Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kelima Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kelima Jelajah Garut Tahun 1924

Rute ini adalah yang paling utara dari rute-rute sebelumnya, letaknya sekarang dekat dengan Warung Peuteuy, kira-kira setelah Tugu Pertempuran Kubang (pertigaan Jl. Prof. KH. Anwar Musaddad). Dari Jalan Otista menuju Bandung (dulu disebut Jalan Tarogong Leles), kemudian berbelok di dekat kampung Selagedang, menuju pemandian Cibuyutan (Cibuyutan Badplaats). Kini belokan ini adalah jalan kecil yang dapat dikenal dengan sebuah minimarket di sebelahnya; ambil jalan yang mengarah ke Desa Sukakarya.

Saat ini pemandian Cibuyutan ini sudah tidak ada (namun nama jalan yang dipakai sering disebut Jalan Cibuyutan). Sekarang ada sebuah kolam yang sering dinamai Situ Cigede atau Mata Air Cigede oleh para pengunjung, dan dijadikan tempat mandi karena airnya yang bersih. Mungkin tempat inilah yang dulunya merupakan Cibuyutan Badplaats. Kini di wilayah ini sudah berdiri perumahan yang cukup padat. Di jalan raya pun sudah berdiri beberapa Restoran dan Toko Oleh-oleh.

Rute Kelima Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kelima Jelajah Garut Tahun 1924

Walaupun demikian, sisa-sisa areal sawah masih dapat ditemukan di area ini. Dan tentu saja kita bisa bayangkan rute ini dulu, ketika bangunan-bangunan besar belum berdiri, pemandangan dari sini menuju bagian yang hijau dari Gunung Guntur pasti sangat indah. Area ini selalu kita lewati dalam perjalanan dari dan menuju Bandung, dan pemandangannya memang sangat indah.

Belum lagi bayangan tentang sebuah pemandian. Setelah jalan kaki menikmati udara segar, lalu mandi berendam sambil menatap pemandangan Gunung Guntur, pasti bikin wong Londo itu sulit move on dari Garut.

***

|| JGTours || JGMerch || JGRental ||

***

Rute Kelima Jelajah Garut Tahun 1924
Jelajah Garut, 2016

Sumber:

Eenige Wandelingen in de Omstreken van Garoet Behoorende bij de Wandelkaart, Java Vereeniging Toeristenverkeer

naratasgaroet.wordpress.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This