Rute Kedelapan Jelajah Garut Tahun 1924

Dari jalan Cimanuk di muka jalan Hampor – Astana Girang – menyeberang Sungai Cikamiri – kampung Patrol – menyeberangi Sungai Cimanuk – kampung Sanding – tiba di jalan raya, kembali ke Garut.

Rute Kedelapan Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kedelapan Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kedelapan Jelajah Garut Tahun 1924

Dapat dilihat di peta di bawah, Jalan Pembangunan saat itu belum betul-betul dibangun. Bahkan Rumah Sakit Umum (RSU) Dr Slamet (dulu bernama Het Algemeen Zieken Huis te Garoet) yang diresmikan pada bulan Maret 1922, ternyata belum ada di peta. Begitu pula dengan Parijs Plien (Lapang Paris) yang belum muncul di peta. Bisa diperkirakan bahwa peta ini dibuat sebelum tahun 1922.

Di Rute ini kita mulai dari Jalan Cimanuk (Jalan Tarogong-Garoet), masuk ke daerah Gordah, lalu masuk ke Jalan Pembangunan kini. Kemudian menyeberangi Sungai Cikamiri dan Sungai Cimanuk, sebelum kembali ke Jalan Raya menuju Garut. Selain wilayah Gordah, yang kini merupakan wilayah perumahan, rute ini sekarang menjadi Jalan Pembangunan; salah satu jalan yang sibuk di Garut. Jadi kalian mungkin tidak akan terlalu menikmati jalan-jalan di sekitar area RSU Dr Slamet ini. Area ini juga adalah salah satu area terdampak banjir bandang Sungai Cimanuk, September 2016 lalu.

Rute Kedelapan Jelajah Garut Tahun 1924

Rute Kedelapan Jelajah Garut Tahun 1924

Namun dulu, ketika belum banyak bangunan berdiri, dapat dibayangkan pemandangan alam di sekitar sini. Gunung Cikuray, Gunung Papandayan, dan Gunung Guntur sepertinya dapat terlihat dari sini. Ditambah dengan pertemuan Sungai Cikamiri dan Sungai Cimanuk yang dulu pasti terlihat jauh lebih asri daripada kondisinya saat ini.

 

***

|| JGTours || JGMerch || JGRental ||

***

Rute Kedelapan Jelajah Garut Tahun 1924
Jelajah Garut, 2016

Sumber:

Eenige Wandelingen in de Omstreken van Garoet Behoorende bij de Wandelkaart, Java Vereeniging Toeristenverkeer

naratasgaroet.wordpress.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This