Sodong Parat : Karang Besar dengan Sebuah Cerukan Khas

jika Puncak Guha memiliki gua vertikal yang diisi oleh sepasukan kelelawar, Sodong Parat memiliki gua horizontal kecil yang menembus batu ini.

Dari Karang Sebrotan ke arah barat, kalian bakal melihat sebuah batu besar yang menjorok ke arah laut. Pemandangan ini mirip dengan Puncak Guha, hanya saja ukuran batu ini sedikit lebih kecil. Nah, jika Puncak Guha memiliki gua vertikal yang diisi oleh sepasukan kelelawar, Sodong Parat memiliki gua horizontal kecil yang menembus batu ini. Parat dalam bahasa sunda berarti menembus, dan sodong berarti cerukan atau gua; nah, memang di sini ada sebuah cerukan yang parat menembus karang ini.

formasi karang Sodong Parat

Di bagian atas Sodong Parat, ada sebuah luasan berumput, di akhiri oleh segerombol tanaman-tanaman khas pantai. Untuk pergi ke bawah, kalian bisa berjalan dari bukit sebelum Sodong Parat, atau melalui bukit karang Sodong Parat itu sendiri. Kalian juga bisa mengaksesnya dari Karang Sebrotan dengan menyusuri pantai.

Ingin menjelajah Pesisir Selatan Garut dan berkemah di bibir pantai? Ayo agendakan trip kalian bersama Jelajah Garut di Beach Camp Garut South Coast!!!

Ketika tim Jelajah Garut melakukan penjelajahan ke gua Sodong Parat ini, ada bekas perapian, pertanda sudah pernah ada orang yang bermalam di sini dan menikmati malam terlindung dari angin dan ombak pasang. Memang cerukan ini tidak mengarah ke laut, melainkan horizontal sejajar dengan garis pantai sehingga ombak dan angin akan terhadang oleh karang. Buat kalian yang ingin betul-betul ingin merasakan tidur di alam, tanpa naungan, tanpa tenda, mungkin kalian harus mencoba tidur di gua ini, hehe…

Gua kecil yang menembus batu di Sodong Parat

Selebihnya, hanya sampah-sampah organik dari ranting-ranting yang memenuhi tempat ini, menandakan tempat ini masih sangat jarang dikunjungi. Selain warga lokal yang memancing, membudidaya burung walet, dan menggembala ternak-nya, praktis sangat jarang orang yang berkunjung ke sini.

Sodong Parat ini masih ada dalam satu gugusan karang yang unik, Karang Tepas, Karang Cawene, Karang Sebrotan, dan akhirnya Sodong Parat. Di sepanjang deretan ini, terdapat banyak sarang-sarang walet, baik buatan, maupun alami di gua-gua kecil di dinding tebing. Suasana gugusan karang ini tenang dan damai, karena itulah tempat ini jadi habitat bagi burung-burung walet ini.

formasi karang di Sodong Parat

formasi karang di Sodong Parat

Tidak jauh dari Sodong Parat ke sebelah barat; cukup berkendara beberapa menit, kalian bakal bertemu sebuah pantai karang cantik, Pantai Cicalobak. Jadi selamat menjelajah pesisir selatan Garut 🙂

Batu karang besar Sodong Parat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This