Akses Menuju Kawasan Wisata Rancabuaya via Garut-Pameungpeuk

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Rute menuju Kawasan Wisata Rancabuaya via Garut-Pameungpeuk ini adalah rute paling populer bagi wisatawan yang datang dari arah Garut. Kondisi jalan yang sudah cukup baik, ditambah dengan fasilitas umum yang sudah cukup banyak tersedia, menjadi alasan rute ini banyak digunakan wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi berbagai destinasi yang terlewati searah menuju Rancabuaya dari jalur ini. Pemandangan alam dari jalur ini juga sangat indah.

Dari Garut Kota, mulailah berkendara ke arah Cikajang. Dari jalur ini kalian akan melewati jalan di antara dua gunung, yaitu Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan. Jika kalian punya banyak waktu, kalian juga bisa berkunjung ke Gunung Papandayan, sekedar trekking hingga kawah atau melihat pemandangan kota dari menara pandang. Penunjuk jalan dan fasilitas wisatawan di Gunung Papandayan kini sudah sangat memadai.

Pemandangan di Cisurupan

Selanjutnya, beloklah ke kiri dari Pertigaan Papanggungan. Belokan ke kanan akan membawa kalian ke Rancabuaya melalui Jalur Bungbulang, jadi kalian harus berbelok ke kiri untuk menuju Pameungpeuk. Sedikit berbelok ke kiri dari Pertigaan Papanggungan, kalian akan menemui sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Jika kalian membawa kendaraan sendiri, lebih baik kalian mengisi bahan bakar kalian di sini karena SPBU berikutnya akan kalian temui di Pameungpeuk, sekitar 55 km berikutnya. Namun jangan khawatir, Pom Mini juga sudah banyak ditemui di sepanjang perjalanan dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Dari Cikajang, kalian tinggal terus mengikuti jalan utama. Kalian bisa beristirahat di Batu Tumpang, sebuah batu raksasa yang biasa dipakai latihan rock climbing oleh para pemanjat lokal. Di sini pemandangan kebun teh dan lansekap Garut Selatan bisa kalian nikmati. Jika kalian punya banyak waktu, kalian juga bisa naik ke atas Batu Tumpang melalui jalan setapak kecil di samping batu. Melihat pemandangan lansekap ini dari ketinggian jauh lebih spektakuler.

Puncak Batu Tumpang

Lanjutkan terus jalan utama ini. Kalian akan melewati persimpangan ke Kecamatan Cihurip, dimana kalian bisa mengunjungi Curug Cibadak, Curug Nyogong, dan Leuwi Tonjong. Namun perlu waktu banyak untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Kalian juga akan melewati Curug Tujuh di Neglasari. Tidak jauh dari sana, ada Curug Jaga Pati yang juga bisa kalian kunjungi jika memungkinkan. Nah, jika kalian ingin segera melihat laut, lewati destinasi-destinasi ini dan melajulah terus hingga Kecamatan Pameungpeuk. Di sini, kalian bisa menemukan banyak fasilitas umum, seperti SPBU, ATM, serta Mesjid. Selain itu, kalian juga bisa menemukan Rumah Makan, Penginapan, dan mini market jika membutuhkan.

Pantai Santolo

Beloklah ke kanan di pertigaan Pameungpeuk ke jalan yang akan membawa kalian ke Pantai Sayangheulang dan Pantai Santolo. Kalian tentu bisa mengunjungi dua destinasi ini juga sebelum ke Rancabuaya. Nah, jika kalian sudah siap untuk melesat menuju Kawasan Wisata Rancabuaya, kalian tinggal terus mengikuti garis pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan.

Jalur Lintas Selatan yang telah mulus, di jalur menuju Rancabuaya via Garut-Pameungpeuk

Jika kalian telah tiba di Pantai Cicalobak, maka kalian telah sampai di Kecamatan Mekarmukti, di dalam Kawasan Wisata Rancabuaya. Nah, selanjutnya kalian tinggal eksplore menuju Puncak Guha, Sodong Bodas, dan Pantai Rancabuaya.

Data Jalur Rancabuaya via Garut-Pameungpeuk

Jarak: Garut Kota – Cikajang – Pameungpeuk – Rancabuaya : sekitar 120 km,

Kondisi jalan sudah 95% mulus, hanya sedikit rusak di daerah antara Cihurip dan Neglasari, di Pameungpeuk, serta di sekitar Pantai Taman Manalusu. Lebar jalan cukup untuk 2 minibus. Menjelang malam di musim penghujan seringkali turun kabut yang mengurangi jarak pandang.  Jalan cukup berkelok-kelok serta menanjak dan menurun, namun relatif tidak curam.

Destinasi wisata yang terlewati:

Fasilitas Umum di rute Rancabuaya via Garut-Pameungpeuk :

• SPBU terakhir di Kec. Pameungpeuk, sebelumnya di Kec. Cikajang setelah pertigaan papanggungan
  • Rumah Makan banyak ditemukan di sekitar Batu Tumpang, Cihideung, dan Kec. Pameungpeuk
  • ATM bisa ditemukan di Kec. Cikajang dan Kec. Pameungpeuk
  • Money Changer bisa ditemukan di Garut Kota
  • Penginapan selain di Rancabuaya ada juga di Pantai Santolo dan di Pantai Sayangheulang, juga ada di Cisurupan, di sekitar kaki Gunung Papandayan.
  • Minimarket ada di Pameungpeuk.