Akses Menuju Kawasan Wisata Rancabuaya via Bandung-Ciwidey

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Ada satu lagi rute alternatif yang bisa kalian gunakan, jika kalian berangkat dari Bandung. Yaitu dengan menggunakan jalur Rancabuaya via Bandung-Ciwidey.  Jalur ini tidak terlalu sering digunakan untuk mencapai Kawasan Wisata Rancabuaya karena jaraknya yang relatif jauh dibandingkan dengan Jalur Pangalengan. Biasanya, jalur ini ditempuh oleh para pengendara motor yang memang hobby touring dan ingin menjajal trek yang menantang dengan view alam yang indah.

Persimpangan menuju Soreang/Ciwidey atau Pangalengan

Diantara jalur-jalur yang lain menuju Kawasan Wisata Rancabuaya, jalur ini adalah satu-satunya jalur yang langsung memasuki Garut lewat Kecamatan Caringin di ujung barat Garut. Dengan demikian, jalur Rancabuaya via Bandung-Ciwidey ini tidak melewati Garut di sepanjang rutenya, dan langsung masuk ke Kawasan Wisata Rancabuaya lewat Cidaun, Kabupaten Cianjur.

Kawasan wisata yang dilewati juga tentu berada di luar Garut. Beberapa objek wisata yang dilewati diantaranya adalah kawasan wisata Ciwidey, Kabupaten Bandung, dengan berbagai objek wisatanya, serta Pantai Jayanti di Cidaun, Kabupaten Cianjur. Objek-objek wisata ini tentu juga bisa menjadi daya tarik tersendiri yang bisa dijadikan tempat singgah ketika kalian ingin mengunjungi Kawasan Wisata Rancabuaya.

Dari Bandung, ambillah jalan menuju Soreang. Jika kalian dari arah Jakarta dan sekitarnya, kalian juga bisa menggunakan jalan tol menuju Bandung dan keluar di pintu tol Kopo. Dari sini, ambil jalan menuju Jalan Raya Soreang-Ciwidey. Ikuti terus jalan ini hingga kalian tiba di kawasan Ciwidey.

Banyak sekali kawasan wisata yang bisa dikunjungi di Ciwidey untuk melepas lelah perjalanan sejenak. Diantaranya ada Situ Patengan, Kawah Putih, Pemandian Air Panas Ciwalini, dll. Dari sini terus ikuti jalan utama menuju Cidaun, Kabupaten Cianjur. Kalian akan memasuki area Cibuni.

Kawah Putih di Ciwidey

Dari Kabupaten Bandung, kalian akan masuk ke daerah Kabupaten Cianjur, tepatnya di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul. Dari sini, jalan mulai menyempit dengan tanjakan dan turunan curam. Kiri kanan jalur ini didominasi oleh area perkebunan dan hutan. Trek ini cukup panjang dan melelahkan sehingga pengendara harus berada dalam kondisi prima.

Di ujung jalan ini, kalian akan langsung sampai di Jalur Lintas Selatan Kabupaten Cianjur. Dari sini, kalian ambil jalan ke kiri menuju Garut. Sebelum kalian sampai di Garut, kalian akan melewati Pantai Jayanti yang tentu saja bisa kalian kunjungi. Pantai Jayanti ini masih terletak di Kabupaten Cianjur. Terus ikuti Jalur Lintas Selatan, kalian akan tiba di Garut.

Kalian akan memasuki Garut melalui jembatan terpanjang di sepanjang Jalur Lintas Selatan Jawa Barat, yaitu Jembatan Cilaki. Jembatan yang menghubungkan Kabupaten Garut dan Kabupaten Cianjur ini memanjang hingga 273 meter, mengalahkan Jembatan Cilayu (250 meter) yang terletak beberapa kilometer dari jembatan Cilaki. Dari jembatan ini kalian bisa melihat muara-muara sungai terhubung langsung ke Samudera Indonesia.

Jembatan Cilaki, perbatasan Cidaun, Cianjur dan Caringin, Garut

Ketika kalian melewati Jembatan Cilaki, kalian sudah memasuki Kawasan Wisata Rancabuaya. Destinasi pertama yang akan kalian temui adalah Pantai Cidora, di sebelah Pantai Rancabuaya.

Data Jalur Rancabuaya via Bandung-Ciwidey

Jarak: Kota Bandung – Soreang – Ciwidey – Naringgul – Cidaun – Rancabuaya  (128 km)

Kondis jalan sudah 90% mulus. Lebar jalan cukup untuk 2 mobil. Jalan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan curam. Menjelang malam di musim penghujan seringkali turun kabut yang mengurangi jarak pandang. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan selalu berkendara dengan lebih hati-hati.

Destinasi wisata yang terlewati:

  • Kawasan Ciwidey (Kawah Putih, Situ Patengan, Ranca Upas, Pemandian Air Panas Ciwalini, dll)
  • Pantai Jayanti.

Fasilitas Umum:

  • SPBU di Ciwidey. Pom mini sudah tersedia di sepanjang jalur.
  • Rumah Makan banyak ditemukan di Ciwidey.
  • ATM bisa ditemukan di Kec. Ciwidey
  • Money Changer bisa ditemukan di Bandung

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This