Akses Menuju Kawasan Wisata Rancabuaya via Bandung-Pangalengan

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Jika kalian berangkat dari Bandung atau Jakarta, dan kalian tidak memiliki agenda untuk mengunjungi Kota Garut terlebih dahulu, maka kalian bisa menempuh Jalur Rancabuaya via Bandung-Pangalengan. Jalur ini akan langsung membawa kalian ke Kawasan Wisata Rancabuaya melalui Talegong dan Cisewu, tanpa melalui wilayah Garut Kota dan sekitarnya. Jalur ini merupakan jalur favorit untuk wisatawan yang berasal dari Bandung, karena jaraknya yang relatif lebih dekat dibanding dengan jalan memutar melalui Garut Kota, atau jalan lain menuju Ciwidey-Cidaun.

Dari Bandung, ambillah jalan menuju Buah Batu. Jika kalian dari Jakarta dan sekitarnya, kalian juga bisa menggunakan jalan tol menuju Bandung dan keluar di pintu tol Buah Batu. Dari sana, ambil jalan ke arah Banjaran. Ikuti terus Jalan Raya Banjaran, hingga kalian tiba di pertigaan Banjaran-Pangalengan. Dari sini, kalian ambil jalan ke kiri yang akan membawa kalian ke arah Pangalengan. Ikuti terus jalan ini hingga kalian tiba di Pangalengan.

Bunderan Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung

Kalian akan tiba di bundaran jalan di depan Kecamatan Pangalengan. Dari sini, pastikan kalian ambil jalan ke kanan. Kalian akan menemukan sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sini. Lebih baik kalian isi penuh bahan bakar kalian di sini, karena selanjutnya tidak ada lagi SPBU yang akan kalian lewati selain pom-pom mini.

Tidak jauh dari sana, kalian akan melewati Situ Cileunca di sisi kiri jalan. View danau di sini cukup indah,  sehingga tempat ini cocok untuk kalian beristirahat sejenak. Terlebih dengan adanya rumah-rumah makan yang siap menyambut kalian.

Pemandangan Kebun Teh Pangalengan – Cukul

Dari sana, lanjutkan terus perjalanan di jalan utama. Kalian akan melewati lansekap perkebunan teh yang indah di daerah sepanjang Pangalengan hingga Cukul. Rasa lelah berkendara kalian tidak akan terlalu kentara dengan pemandangan kebun teh yang indah di sepanjang perjalanan di jalur Rancabuaya via Bandung-Pangalengan ini. Perkebunan teh ini menghampar luas ibarat permadani hijau alami.

View dari Bukit Lolongokan, Talegong

Setelah Cukul, kalian akan melewati Talegong. Beloklah ke kanan ketika kalian menemui gedung Kepolisian Sektor (Polsek) Talegong. Di Kecamatan ini kalian bisa merasakan kecuraman jalur yang telah digunakan untuk event internasional olahraga ekstrem, Longboard. Tidak jauh dari sana, kalian bisa istirahat di Bukit Lolongokan. Sedikit naik ke atas, kalian bisa melihat lansekap Kecamatan Talegong yang masih sangat asri.

Gong di Alun-alun Talegong

Lanjutkan jalan utama ini hingga ke Cisewu. Kalian akan melewati jalan yang relatif sempit, dengan tikungan tajam, serta tanjakan dan turunan yang curam. Walaupun demikian, pemandangan alam yang di sepanjang jalur ini bisa kalian nikmati selagi kalian menurunkan kecepatan. Selain itu, kalian juga akan melewati Curug Rahong sedikit di bawah jembatan di Cisewu.

Letak curug ini hanya sedikit saja di dekat jembatan Rahong. Belum ada tanda jalan di sini, jadi bertanyalah ke penduduk sekitar yang juga sangat ramah. Pastikan kalian punya waktu lebih untuk berlama-lama di curug yang sangat instagrammable ini.

Pertigaan Sukarame

Setelah Curug Rahong, kalian tinggal meneruskan jalan melewati Sungai Cilayu yang merupakan perbatasan kecamatan, hingga pertigaan Sukarame. Di pertigaan Sukarame, beloklah ke kanan menuju Kecamatan Caringin. Jalan ini akan langsung membawa kalian ke pintu Pantai Rancabuaya. Dari Pantai Rancabuaya tentu tidak sulit untuk menjelejah destinasi lain di Kawasan Wisata Rancabuaya ini.

Curug Rahong, Cisewu, terlewati di jalur ke Rancabuaya via Bandung-Pangalengan

Curug Rahong, Cisewu, terlewati di jalur ke Rancabuaya via Bandung-Pangalengan

Data Jalur Rancabuaya via Bandung-Pangalengan

Jarak: Kota Bandung – Pangalengan – Talegong – Rancabuaya (116 km)

Kondis Jalan sudah 90% mulus. Jalan yang agak rusak dan bergelombang ditemui di area sekitar Talegong-Cisewu. Lebar jalan cukup untuk 2 mobil. Jalan berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan curam, yang kadang juga disertai tikungan tajam. Di musim penghujan seringkali turun kabut menjelang malam, mengurangi jarak pandang.  Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan selalu berkendara dengan lebih hati-hati.

Destinasi wisata yang terlewati:

  • Situ Cileunca
  • Perkebunan Teh Pangalengan – Cukul
  • Bukit Lolongokan, dan Alun-alun Talegong
  • Curug Rahong, Cisewu

Fasilitas Umum:

  • SPBU terakhir di Pangalengan. Pom mini sudah tersedia di sepanjang jalur. Di Cisewu ada pommini yang juga menjual pertamax.
  • Rumah Makan banyak ditemukan di Pangalengan, di Bukit Lolongokan-Talegong.
  • ATM bisa ditemukan di Kec. Pangalengan
  • Money Changer bisa ditemukan di Bandung
  • Minimarket ada di Cisewu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This