Kue Balok : Teman Ngopi dari Kadungora yang Bikin Ketagihan

di Kadungora, sebagai perintis racikan kue balok, adonan yang digunakan tetap dipertahankan, sehingga banyak yang menyebutnya kue balok original.

Kalau kalian sedang dalam perjalanan ke Garut lewat Kadungora, kalian mesti mampir ke tempat kue balok paling legendaris di Garut. Memang belum seterkenal Dodol Garut atau Kerupuk Kulit, tapi kue balok khas Garut ini sudah memiliki banyak penggemar setia. Buktinya, usaha kue balok yang dimulai sejak masa sebelum kemerdekaan ini tidak pernah sepi pembeli. Malah kini, banyak bermunculan pedagang kue ini di kota-kota lain.

Kue Balok Kadungora

Kue yang penampakannya mirip kue pukis ini memang memiliki daya tarik tersendiri, mulai dari rasa hingga cara pembuatannya. Sekarang kue ini banyak dikombinasikan dengan berbagai topping, seperti cokelat, keju, dan banyak rasa lainnya. Tapi di Kadungora, sebagai perintis racikan kue ini, adonan yang digunakan tetap dipertahankan, sehingga banyak yang menyebutnya kue balok original. Rasa manis, keempukan, dan gurihnya tetap dipertahankan dari generasi ke generasi.

Sebenarnya adonannya untuk membuat kue ini terbilang sederhana. Hanya terdiri atas tepung terigu, gula, telur, mentega, soda kue, air, dan ditambah susu. Tapi setiap penjual punya trik masing-masing, baik dalam hal takaran, maupun dalam teknik pembuatan. Proses memasaknya juga unik. Adonan dipanaskan dari atas maupun dari bawah cetakan dengan perapian menggunakan arang. Adonan yang sudah dituangkan ke cetakan ditutup dengan anglo yang diisi arang yang menyala. Dengan demikian, kue akan matang secara merata.

Ayo jelajahi Garut Utara, dari mulai alam, sejarah, hingga kulinernya, bersama Jelajah Garut di Explore Garut Utara, Discover the Treasure of the North Side 

Kue Balok Kadungora

Teknik ini juga memungkinkan kue untuk dimasak setengah matang, dan banyak yang bilang sensasinya luar biasa. Kue balok setengah matang ini terlihat seperti kue balok biasa, namun ketika digigit, adonan di dalam kue yang masih berupa lelehan panas akan memberi sensasi yang sangat unik. Karena itu juga banyak yang memesan kue ini setengah matang dan langsung dimakan di tempat.

Usaha kue balok di Kadungora ini sudah dimulai sejak tahun 1942, dan kini diteruskan oleh buyut keturunan para perintis usaha ini dengan tetap mempertahankan keunikan cita rasa-nya. Keunikan bisa dilihat dari takaran yang masih menggunakan alat tradisional, rantang untuk takaran tepung dan air, tutup termos untuk takaran beras, dll.

Kue Balok Kadungora

Nah, sekarang para penjual kue ini sudah banyak bermunculan, tidak hanya di Kadungora, tapi juga di sekitar kota Garut, seperti di Jayaraga dan Simpang Lima, serta di Garut Utara, seperti di Limbangan, Leles, dan Malangbong. Malah, tidak hanya di Garut, banyak juga penjual Kue Balok di kota lain, seperti di Bandung dan Jakarta.

Kue Balok Kadungora, Kue Balok Original

Kue Balok Kadungora, Kue Balok Original

Kue balok ini paling enak dimakan ketika santai sambil ngopi. Dengan kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi, banyak yang bilang kue ini dengan sebutan kue “Jibeuh”, kependekan dari “hiji oge seubeuh”, yang berarti satu saja sudah mengenyangkan. Tapi buat mereka yang punya ruangan lebih di perutnya, julukan itu pastinya kurang tepat, karena kue ini bikin ketagihan. 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This