Dodol Garut : Oleh-Oleh Wajib Yang Harus Dibawa Pulang

Dodol Garut

Dodol Garut : Oleh-Oleh Wajib Yang Harus Dibawa Pulang

Asalnya dari mana, Mas?

Garut, Mas…

Dodol dong, Mas?

Kebanyakan orang Garut yang merantau keluar kota pernah mengalami kejadian seperti ini. Dodol Garut memang sudah terkenal ke seluruh wilayah Indonesia. Si legit dan manis ini memang sudah jadi primadona buah tangan dari Garut sejak tahun 2000-an.

Dodol Garut diproduksi pertama kali dengan skala produksi kecil rumahan di tahun 1800-an. Di zaman penjajahan Belanda, Dodol Garut sudah terkenal luas dikalangan para meneer dan noni belanda. Bahkan, noni-noni belanda kala itu pandai sekali membuat dodol.

Dodol Garut kini diekspor ke berbagai macam negara seperti Malaysia, Singapura, bahkan merambah hingga ke Timur Tengah dan Eropa. Rasa dan aroma yang khas membuat dodol Garut ini disukai wisatawan lokal maupun mancanegara. Harga dodol Garut ini bervariatif, berkisar antara Rp. 14.000/kg hingga Rp. 28.000/kg.

Kini, semakin berkembangnya zaman dan pengetahuan, dodol Garut pun mengalami diversifikasi menjadi banyak jenis dan varian rasa. Nih ini dia ragam variannya.

  1. Dodol Original

Dodol original memiliki keunikan tersendiri. Wijen, gula merah, santan, garam, gula pasir, dan tepung ketan adalah bahan dasar dari dodol original ini. Rasanya tentu saja manis dan legit. Dodol original ini dijual ditempat oleh-oleh dengan berbagai macam merk. Sangat mudah untuk mendapatkan dodol original ini ditempat oleh-oleh.

  1. Dodol Varian Rasa

Dodol varian rasa ini merupakan perkembangan dari dodol original. Bahan bakunya sama seperti dodol original, namun ditambahkan rasa yang lain sebagai pembeda. Walaupun ditambahkan beragam rasa, kelegitan dan kenikmatan dodol ini tetap dipertahankan. Beberapa Dodol “modern” ini dibuat dengan menambahkan rasa buah-buahan seperti stroberi, durian, nanas, jambu, cocopandan, serta blueberry. Ada lagi dengan aneka rasa lainnya seperti rasa kurma, jahe, susu, coklat, dan mocca. Menarik kan? Patut dicoba nih.

  1. Dodol Zebra/Dodol Pelangi

Dodol Zebra atau Dodol Pelangi ini memiliki tampilan unik, yaitu berwarna warni layaknya zebra atau pelangi. Rasanya tetap legit seperti dodol original. Namun yang membedakan adalah tekstur yang lebih halus dan lembek, serta tanpa wijen tentunya. Dodol ini cocok untuk sajian di ruang tamu anda karena tampilannya yang unik.

  1. Dodol Kacang

Kacang dibikin dodol? Ya, tentu saja terdapat dodol kacang dalam varian dodol Garut. Bahan baku utamanya adalah kacang merah dan kacang hijau. Kelegitan dalam dodol kacang ini sangat berbeda dengan kelegitan dodol original. Dodol kacang ini lebih mudah digigit daripada dodol original. Hal lain yang membuat dodol kacang ini unik adalah bungkusnya yang menggunakan daun jagung kering. Dodol ini juga recommended banget deh.

  1. Dodol Buah dan Rujak

Dodol buah dan rujak ini menggunakan bahan baku yang berbeda dengan varian dodol lainnya. Alih-alih menggunakan wijen dan gula merah, dodol ini menggunakan buah-buahan sebagai bahan bakunya. Sebagian besar produsen dodol buah dan dodol rujak menggunakan buah nanas sebagai bahan baku utama. Begitupun dodol rujak. Hanya yang membedakan adalah, dodol rujak akan membuat anda seperti memakan sambal namun rasanya manis.

Nah, banyak banget kan varian Dodol Garut-nya? Si legit manis ini memang sudah menebar pesona oleh-oleh Garut. Tidak pernah mati ditelan zaman dan produk baru, karena sudah menjadi trademark tersendiri. Rasanya tak lengkap jika mengunjungi Garut tanpa membeli dodol Garut.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This