Dapur Beusi: Transformasi Food Truck Menjadi Sebuah Kafe Unik

Dapur Beusi dulu dikenal sebagai sebuah kedai dengan konsep food truck, atau kafe yang dibawa ke pinggir jalan dengan memanfaatkan mobil sejenis truk sebagai dapur dan bar. Berdiri sejak tahun 2015, kini food truck tersebut sudah mengalami ekspansi menjadi sebuah kedai unik di Jalan Terusan Pembangunan, Garut.

Walaupun sudah bertransformasi menjadi kedai, nuansa food truck masih terasa di Dapur Beusi. Menu-menu dari food truck masih dipertahankan. Interior Cafe pun diambil dari bahan industrial recycle dan bahan-bahan daur ulang. Selain dapat menghemat biaya dan ramah lingkungan, bahan daur ulang ini membuat keunikan kedai ini terlihat sangat menonjol. Konsep desain, planning, dan eksekusi-nya dilakukan oleh tim Dapur Beusi sendiri lho.

View post on imgur.com

Selain keunikan konsep kafenya, Dapur Beusi juga konsisten dalam menggunakan kopi Garut untuk menu-menu kopinya. Malah, kedai ini tidak memakai kopi lain, dan hanya menyediakan kopi Garut saja. Kopi Garut yang digunakan berasal dari berbagai daerah seperti Gunung Papandayan, Talaga Bodas, Samarang, dan daerah lainnya tergantung dari ketersediaan stok.

Dapur Beusi memang memiliki keinginan untuk ikut memajukan industri kopi Garut. Kang Teguh, salah satu owner Dapur Beusi, berpendapat bahwa cita rasa kopi Garut punya keunggulan tersendiri. Selain itu, kini industri ini juga punya supply demand yang relatif stabil. Beliau berharap para konsumen kopi lokal Garut juga ikut mendukung kemajuan kopi Garut dengan membudayakan ngopi dari kopi yang tumbuh di daerah sendiri.

View post on imgur.com

Lebih lanjut, kang Teguh juga ingin terus mendukung petani kopi lokal Garut, karena industri hilir sejatinya sangat bergantung pada suplai dari industri hulu. Industri hilir dapat mendukung industri hulu dengan membeli kopi petani lokal dengan harga yang wajar, dan industri hulu mendukung industri hilir dengan menyediakan suplai biji kopi berkualitas. Apabila keduanya sudah bisa saling mendukung, industri kopi Garut pun bisa bergerak maju bersama.

Nah, untuk semakin meramaikan industri kopi Garut, kedai ini juga membuat apparel edukasi tentang kopi Garut. Apparel ini bisa kalian temukan langsung di sini. Jadi selain ngopi, kalian juga bisa beli pernak-pernik bertema kopi di Dapur Beusi.

 

View post on imgur.com

Dapur Beusi

@dapurbeusi

Jalan Terusan Pembangunan No.24, Jayaraga, Tarogong Kidul

Jam Buka: Weekday 13.00 – 22.00; weekend 13.00 – 24.00

Range Harga Rp. 8.000 s/d Rp. 20.000

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This