Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi: Taman Buru di Perbatasan Tiga Kabupaten

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, dari mulai menikmati suasana hutan, melihat penangkaran rusa, bersepeda, berkemah, hingga kegiatan di air sungai seperti kayak dan kano.

Kareumbi, tempat ini mungkin lebih dikenal oleh orang Bandung daripada orang Garut, padahal kawasan ini taman buru ini sebagian besar masuk kawasan Kabupaten Garut. Gunung yang berada di wilayah Kecamatan Limbangan, Kab. Garut ini memang jauh lebih mudah diakses dari Kabupaten Bandung. Gunung ini juga merupakan perbatasan antara Kabupaten Garut dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, sehingga secara administratif memang terletak di tiga kabupaten tersebut.

Gunung Kareumbi berada di perbatasan tiga kabupaten, Garut - Bandung - Sumedang

Gunung Kareumbi berada di perbatasan tiga kabupaten, Garut – Bandung – Sumedang

Kawasan yang sejak tahun 2008 dikelola oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri ini memang menyediakan daya tarik yang unik. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini, dari mulai menikmati suasana hutan, melihat penangkaran rusa, bersepeda, berkemah, hingga kegiatan di air sungai seperti kayak dan kano. Selain itu, kalian juga bisa mengadopsi pohon, melalui program Wali Pohon. Dengan biaya hanya Rp50.000,- kalian bisa mendapatkan satu bibit pohon, menanmnya, dan mendapatkan update pertumbuhannya seolah kalian memang wali dari pohon tersebut.

Wanadri pun memiliki beberapa program pengelolaan gunung ini, diantaranya adalah Pendidikan dan Pelatihan Alam Terbuka, Ekowisata, Konservasi, Pemulihan Populasi Satwa Buru dan Wisata Buru, Pemberdayaan Masyarakat, dan Penelitian dan Pengembangan. Seringkali lokasi ini memang digunakan untuk kegiatan institusi, seperti sekolah atau kantor, untuk belajar mendekatkan diri kembali ke alam. Selain itu, Wanadri juga memiliki prinsip bahwa pengembangan kawasan ini harus tetap melibatkan masyarakat sekitar.

Rumah Pohon di Taman Buru Gunung Masigit - Kareumbi

Rumah Pohon di Taman Buru Gunung Masigit – Kareumbi

Fasilitas yang disediakan disini juga tergolong lengkap, dari mulai akomodasi untuk menginap seperti rumah pohon, wisma, lengkap dengan aula jika kalian datang dalam grup besar. Area Camping Ground juga sangat nyaman untuk kalian jadikan tempat camping, lahan parkir, ruangan pelatihan, toilet dan mushalla, jungle track, bike track, serta fasilitas lainnya. Tidak aneh, jika area ini sering digunakan untuk kegiatan outing kantor atau sarana belajar para mahasiswa.

Kalian juga bisa membawa keluarga dan menyewa rumah-rumah pohon atau rumah rusa disamping tempat penangkaran rusa. Kalian yang ingin membawa keluarga kalian menikmati suasana hutan yang tenang, asri, dan nyaman, tanpa harus berpeluh (seperti naik gunung), kalian harus mengunjungi kawasan ini.

Penangkaran Rusa untuk wahana Taman Buru Masigit Kareumbi

Penangkaran Rusa untuk wahana Taman Buru Masigit Kareumbi

Ada tiga pintu masuk menuju Gunung Masigit-Kareumbi ini, namun yang saat ini aktif diakses adalah pintu dari Cicalengka, searah dengan jalan menuju Curug Cinulang. Pemandangan hamparan lanskap Kabupaten Bandung di sepanjang jalan menuju kawasan ini juga sangat indah. Setelah 3 km dari Curug Cinulang, ada pertigaan kecil dengan jalan menanjak ke kiri. Ikuti jalan tersebut hingga kalian tiba di kawasan ini. Medan jalan yang dilalui cukup baik namun agak menanjak, sehingga dibutuhkan mobil dalam kondisi prima. 1 km dari kawasan ini kalian akan menemui jalan berbatu. Tidak dianjurkan untuk menggunakan mobil tipe sedan atau mobil dengan chasis rendah.

View landscape Kabupaten Bandung (Cicalengka) dalam perjalanan menuju Gunung Kareumbi

View landscape Kabupaten Bandung (Cicalengka) dalam perjalanan menuju Gunung Kareumbi

Untuk update perihal harga akomodasi, tiket masuk, dan kegiatan yang bisa dilakukan, kunjungi saja langsung website resmi Pengelola Kawasan Konservasi Masigit-Kareumbi ini di www.kareumbi.wordpress.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This