Potret Kekayaan Budaya Garut di Desa Wisata Saung Ciburial (2) : Atraksi Budaya

Pasanggiri Pencak Silat di Desa Wisata Saung Ciburial by Riparhand

Atraksi Budaya adalah salah satu kegiatan utama yang bisa diselenggarakan di Desa Wisata Saung Ciburial. Selain menarik untuk disaksikan, atraksi-atraksi ini juga merupakan bentuk kepedulian warga desa untuk terus melestarikan kekayaan budaya Garut.

Di sini Travelmate bisa melihat seni adu ketangkasan domba garut yang sudah terkenal, pasanggiri pencak silat, dan banyak lagi. Sebenarnya banyak sekali atraksi budaya yang bisa diselenggarakan di desa ini, tapi di eMagazine ini, kami akan membahas beberapa atraksi budaya yang paling sering diadakan di sini.

Nah, Travelmate mesti reservasi dulu untuk melihat atraksi-atraksi ini di kunjungan Travelmate, biar disiapin dulu atraksinya. Harga atraksi ini per atraksi bisa sampai satu juta lebih, jadi akan jauh lebih murah jika biaya itu dibagi dengan kelompok besar.

                Penyambutan, Rampak Kohkol

Ketika tiba di Desa Wisata Saung Ciburial, Travelmate bisa disambut sama anak-anak lokal yang membawa kohkol. Kohkol itu sejenis kentongan yang dipukul untuk menimbulkan suara. Suara yang dihasilkan membuat suasana menjadi riang gembira, apalagi yang memukul-mukulnya adalah anak-anak pedesaan yang unyu-unyu.

Anak-anak ini bakal nyambut para tamu dan mengantar ke Saung Utama. Anak-anak ini bakal nganter tamu ngelewatin lahan pertanian sawi sambil berceloteh dan memukul-mukul kohkol. Kalau udah disambut gini, dijamin ga kan bisa dilupain pengalamannya; yang ada malah Travelmate bakal lupa deh sama capenya perjalanan.

Di Saung Utama sana sudah menunggu pimpinan desa untuk mengucapkan beberapa patah kata selamat datang dan selamat menikmati suasana desa. Biasanya sambil diberi hidangan selamat datang juga, berupa camilan-camilan ringan khas lokal seperti awug, getuk lindri, dll. Sebegitu seriusnya yah masyarakat desa ini buat ngasih first impression yang spektakuler 🙂

                Pencak Silat

Sebagai salah satu warisan budaya yang kental, Pencak Silat sih sudah wajib ada. Di desa ini, nama perguruan silatnya adalah Perguruan Silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka. Dari mulai yang masih anak-anak hingga dewasa di kampung ini banyak yang ikut di perguruan ini. Nah, jika para wisatawan datang, perguruan silat ini biasa unjuk gigi menampilkan keahlian mereka dalam jurus-jurus silat.

Wisatawan harus memesan terlebih dahulu jika ingin menonton pentas silat khusus untuk kunjungannya. Biasanya Pencak Silat ditampilkan setelah upacara penyabutan, biar wisatawan makin kesengsem sama desa wisata ini. Atau bisa juga memilih untuk datang ke sini ketika ada event pasanggiri silat, pasti suasananya lebih meriah.

Silat disini ada yang dalam bentuk seni tarian atau ngibing yang mengikuti alunan musik, ada juga yang bentuknya bela diri. Dua-duanya bisa dipertontonkan di sini, jadi pastikan Travelmate memesan dulu atraksi pencak silatnya biar bisa nonton seniman-seniman, sekaligus pendekar silat di sini.

                Adu Ketangkasan Domba Garut

Selain di daerah Rancabango, Cikandang, dan beberapa daerah lain di Garut yang rutin mengadakan event adu ketangkasan domba garut, di Desa Wisata Saung Ciburial juga bisa nonton adu ketangkasan domba garut ini. Domba-domba yang dipertontonkan juga langsung berasal dari desa ini. Beberapa keluarga di Desa Wisata Saung Ciburial memang memelihara dan membiakkan domba garut loh.

Adu Ketangkasan Domba ini bentuknya adalah permainan rakyat dengan mengadukan dua domba dan diiringi oleh kesenian tradisional kendang pencak. Banyak yang mengagumi atraksi seni ini karena dianggap memiliki nilai keindahan ketika domba mengambil ancang-ancang dan berbenturan. Domba yang dipertontonkan juga bukan domba biasa loh, tapi domba garut yang katanya merupakan salah satu spesies domba terbaik di dunia.

Seperti atraksi yang lainnya di desa wisata ini, wisatawan juga harus memesan dulu, jika ingin menonton Adu Ketangkasan Domba Garut ini khusus buat kunjungannya. Atau bisa juga Travelmate datang khusus ke sini ketika ada event domba garut di sini.

                Kaulinan Barudak (Permainan Anak-anak)

Nah, kalau ini dulu biasa dilakukan anak-anak pedesaan di Garut, sore-sore sambil nunggu azan maghrib. Di desa wisata ini, anak-anak masih bisa memainkan permainan anak-anak tradisional.  Bahkan untuk ukuran di Garut saja, sudah langka sekali tempat-tempat dimana anak-anak bisa main enggrang, sondah, jaleuleu, oray-orayan, bakiak, galah sodor, dll.

Kaulinan Bakiak di Desa Wisata Saung Ciburial by Riparhand

Kaulinan Enggrang di Desa Wisata Saung Ciburial by Riparhand

Jangan khawatir kekurangan peserta dalam permainan-permainan ini, anak-anak sekampung bisa dipanggil buat ikut meramaikan permainan. Tapi seperti atraksi lainnya, wisatawan juga mesti pesan dulu, jika ingin bermain kaulinan barudak, biar disiapin dulu alat-alatnya, dan dipanggilin dulu anak-anaknya.

Jadi lupakan dulu game-game di gadget, kaulinan barudak ini jauh lebih seru!

(3) : Trekking Kampung
(4) : Penginapan dan Homestay
(5) : Reservasi
(1) : Lokasi
(2) : Atraksi Budaya

foto by : Riparhand

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This