Pantai Rancabuaya

Exclusive Report: Kawasan Wisata Rancabuaya

Pantai Rancabuaya adalah pantai karang yang memanjang sekitar 1,5 km. Di sepanjang pantai karang ini berdiri banyak penginapan kecil, villa, warung-warung yang menyediakan seafood dan kelapa muda, sebuah Tempat Pelelangan Ikan (TPI), dan gazebo-gazebo untuk berteduh.

Gazebo di Sepanjang Pantai Rancabuaya

Diantara pantai-pantai lain di Kawasan Wisata Rancabuaya, Pantai Rancabuaya adalah pantai yang memiliki fasilitas penunjang wisatawan yang paling lengkap. Untuk menjelajahi Kawasan Wisata Rancabuaya, kalian bisa menggunakan pantai ini sebagai titik peristirahatan di malam hari. Selain fasilitasnya yang relatif lebih lengkap, Pantai Rancabuaya yang berpasir putih ini juga sudah lebih dahulu terkenal di kalangan wisatawan. Tidak berlebihan jika nama kawasan wisata di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin ini diambil dari nama pantai ini.

TPI Rancabuaya

Sejatinya, Pantai Rancabuaya dibingkai oleh hamparan karang, kecuali satu cerukan yang dipakai sebagai pelabuhan kapal nelayan. Ketika air laut surut, beberapa bagian karang di Pantai Rancabuaya ini menampakkan gugusan karang yang unik, menghijau karena tumbuhan alga dan rumput laut. Tidak jarang ada banyak ikan-ikan hias kecil yang terjebak di kolam-kolam air yang terbentuk di atas gugusan karang.

Di ujung sebelah timur, ada tebing dan gua yang dijadikan sarang burung walet. Kalian juga bisa menemukan jalan menanjak curam yang akan membawa kalian ke Sodong Bodas.  Dari ujung barat Pantai Rancabuaya, yang berbatasan dengan Pantai Cidora, dan ujung timur yang berbatasan dengan Sodong Bodas, telah berdiri penginapan-penginapan kecil yang juga menyediakan santapan ikan laut.

Karang dan Ombak di Rancabuaya

Saat senja, seringkali Pantai Rancabuaya menyajikan panorama matahari terbenam yang sangat indah.  Hal ini diabadikan dalam sebuah novel romantis berjudul Perahu Kertas karya Dewi Lestari, yang kini telah diadaptasi menjadi sebuah film. Hal ini membuat pantai ini menjadi pantai romantis yang seringkali dijadikan destinasi oleh pasangan-pasangan yang sedang berbulan madu.

Baca juga: Pantai Rancabuaya, Pantai Romantis Pemilik Radar Neptunus

Suasana yang tenang dan damai di pantai ini memang cocok untuk pasangan-pasangan yang mendamba bulan madu yang jauh dari keriuhan. View sunset yang indah memang dapat menambah suasana romantis. Selain itu, sudah terdapat penginapan yang cukup bagus dan nyaman di sini. Kalian juga bisa mengontak penginapan di sini untuk memesan kamar dari jauh hari. Jika kalian memburu suasana tenang, jangan datang di akhir pekan atau libur panjang karena pantai ini biasanya penuh oleh para pengunjung.

Sunset Rancabuaya

Selain wisatawan keluarga, banyak juga pengunjung Pantai Rancabuaya dari komunitas-komunitas pengendara motor yang menyukai jalur-jalur panjang yang menuju Kawasan Wisata Rancabuaya. Jalur-jalur menuju kawasan ini memang telah memiliki jalan yang mulus, namun berkelok dengan tanjakan dan turunan curam, sehingga menantang para pengendara motor untuk menjajalnya.

Nah, kalian sendiri sudah pernah berkunjung ke sini belum? Ayo jajal jalur-jalurnya bersama pasangan, teman, atau keluarga kalian.

 

Data Pantai Rancabuaya

Nama: Pantai Rancabuaya
Alamat: Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut.

Harga Tiket: Rp 5.000,- per orang (harga bisa naik sewaktu-waktu)

Kegiatan:

  • Sightseeing
  • Fotografi, daya tarik: gugusan karang yang unik di ujung timur Pantai Rancabuaya,
  • Menikmati seafood dan kelapa muda di pinggir pantai

Fasilitas Umum:

  • Penginapan
  • Toilet dan Kamar mandi umum.
  • Mushalla
  • Warung-warung makan
  • Minimarket sebelum pintu masuk

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This