Masjid Agung Garut : Rumah Ibadah sekaligus Ikon Sejarah

Masjid Agung Tempo Dulu (COLLECTIE TROPENMUSEUM via Wikipedia)

Buat Travelmate yang muslim, kalo lagi melancong ke Garut, kayaknya wajib nih buat shalat atau sekedar beristirahat di Masjid Agung Garut. Selain untuk beribadah, Masjid Agung Garut adalah salah satu ikon sejarah kota Garut.

Masjid Agung Garut adalah masjid tertua di Kabupaten Garut. Terletak di area Alun-alun Garut di Jl. Ahmad Yani. Beberapa catatan menyebutkan Masjid Agung Garut dibangun pada 15 September 1813 bersamaan dengan beberapa prasarana lainnya seperti pendopo, kantor asisten residen, penjara, dan alun-alun. Namun dari nisan yang terletak disamping Mesjid Agung dapat dilihat bahwa masjid ini bisa jadi sudah didirikan sejak tahun 1809, atau bahkan sebelumnya. Dengan demikian, bisa jadi usia Masjid Agung Garut itu lebih tua dari Garut itu sendiri.

Berdasarkan catatan di sekretariat DKM Mesjid Agung, perubahan signifikan atas mesjid ini terjadi pada tahun 1979 yang mengubah bentuk atap, dari berbentuk lancip diganti memakai kubah dan plat beton. Bentuk kubah ini diubah kembali secara menyeluruh pada tanggal 10 November 1994 dan diselesakan pada tanggal 25 Agustus tahun 1998. Renovasi terakhir inilah yang mengubah pula arah kiblat dengan bantuan ahli geodesi dari ITB menggunakan GPS (Global Positioning System).

Masjid Agung Garut di tahun 1875 beratap tajuk tumpang tiga (nyungcung), dengan bagian bawah tiap tumpukan atap bersudut lebih datar. Ini sangat mirip dengan masjid-masjid di Priangan sepanjang Groote Postweg pada waktu yang sama di atas. Memang terlihat sedikit perbedaan, yakni pada proporsi atapnya yang terlihat lebih besar atau tinggi. Kesamaan lainnya juga dapat diamati pada deretan tiang-tiang/kolom di depan atau sebelah kiri dan kanan masjid.

Di sekitar area Masjid Agung Garut ini juga banyak ikon-ikon sejarah Garut, seperti Babancong dan Pendopo. Selain itu, masyarakat Garut juga sering menghabiskan waktu luang di alun-alun Garut yang terletak di pelataran Masjid.

Jadi, sekalian sembahyang, Travelmate bisa wisata sejarah juga nih. 🙂

Masjid Agung Garut (via Wikipedia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This