Launching Logo Promosi Pariwisata Garut

1. Discover Garut

Nama Logo      : Discover Garut

Tagline              : Preanger Paradise

Nama Discover Garut dipilih karena Garut memiliki sangat banyak destinasi wisata yang harus dijelajahi, beberapa destinasi malah memang membutuhkan sebuah penjelajahan untuk mencapainya. Pengambilan nama berbahasa Inggris diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara dan menduniakan Garut.

Tagline Preanger Paradise (Surga Priangan/Parahyangan) dipilih karena Garut memiliki semua jenis tempat wisata yang didominasi oleh wisata alam. Paradise juga mewakili keindahan yang intangible seperti produk seni budaya. Selain itu, tagline Preanger Paradise juga dipilih karena Garut layaknya surga bagi para wisatawan.

Filosofi ini diambil dari huruf G yang ikonik. Huruf G ini juga bisa dijadikan media yang unik untuk ditempatkan di tempat-tempat yang sempit atau di tempat yang membutuhkan logo yang relatif sederhana.

Gelombang pada logo melambangkan ombak di Pesisir Pantai Garut Selatan dengan warna biru. Kabupaten Garut memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Barat. Vector melengkung berwarna biru melambang curug Melambangkan Curug/Air Terjun. Kabupaten Garut memiliki kurang lebih 12 curug. Curug-Curug ini menjadi sumber kehidupan warga sekitar.

3 objek berupa kerucut melambangkan 3 gunung utama yang berada di Kabupaten Garut. Paling kiri adalah Gunung Guntur dengan 2.249 mdpl, tengah adalah gunung tertinggi di Garut yaitu Gunung Cikuray dengan tinggi 2.821 mdpl , dan yang terakhir adalah Gunung Papandayan dengan tinggi 2.265 mdpl.

Batik motif parang, mewakili kebudayaan Kabupaten Garut yang kaya akan kebudayaan, baik itu seni maupun budaya. Selain itu, batik Garutan merupakan salah satu oleh-oleh yang di cari para wisatawan.

Warna biru pada logo mewakili air yang menjadi sumber kehidupan warga Garut. Air ini sebagian besar berasal dari Curug/Air Terjun. Sedangkan warna hijau melambangkan alam Garut yang sebagian besar didominasi oleh pegunungan dan hutan.

2. Candi Cangkuang

Nama Logo      : Candi Cangkuang

Tagline              : Natural and Cultural Heritage

Natural and Cultural Heritage (Warisan Alam dan Budaya), memiliki arti bahwasanya Candi Cangkuang adalah warisan kebudayaan leluhur kita. Warisan kebudayaan ini tidak hanya dalam berbentuk fisik, namun juga berbentuk non fisik seperti kebiasaan masyarakat Kampung Pulo. Ruang lingkup alam yang terjada juga merupakan suatu warisan yang harus dijaga.

Logo Candi Cangkuang terbagi atas 3 bentuk. Bentuk pertama adalah siluet daun pohon Cangkuang yang mirip dengan daun pandan. Candi Cangkuang sendiri diambil dari Pohon Cangkuang yang tumbuh di desa Cangkuang.

Bentuk kedua adalah siluet Candi Cangkuang itu sendiri. Sedangkan bentuk terakhir ada tiga gelombang yang saling berkaitan mewakili Situ Cangkuang (biru), Kampung pulo (cokelat), dan Candi Cangkuang (hitam) menyatakan tiga aspek yaitu alam, budaya, dan sejarah yang saling berkaitan erat di satu kawasan terintegrasi Cangkuang. Hal ini juga yang membuatnya cocok dengan tagline yang membahas warisan alam dan budaya.

Warna hijau pada logo memiliki arti alam. Dimana Candi Cangkuang masih terdapat rimbun pohon dan pemandangan alam yang bisa dilihat dari Situ dan Candi Cangkuang. Sedang warna-warni pada gelombang memiliki arti keberagaman wisata di Candi Cangkuang. Mulai dari Situ, Candi, Makam Keramat, Kampung Adat Pulo, dan Museum Cangkuang yang memuat naskah-naskah kuno.

3.  Cipanas Garut

Nama Logo      : Cipanas

Tagline              : Nature, Leisure, Pleasure

Tagline Nature, Leisure, Pleasure (Alam, Kenyamanan, Kesenangan) sangatlah cocok untuk kawasan Cipanas ini. Nature, memiliki filosofi bahwa air panas di Cipanas ini berasal dari alam, yaitu Gunung Guntur. Selain itu, sekeliling kawasan wisata Cipanas ini dikelilingi lanskap alam yang masih hijau.

Leisure memiliki arti bahwa para wisatawan bisa bersantai dikawasan ini. Entah ini dengan cara berenang ataupun tinggal di cottage-cottage di kawasan Cipanas. Selain itu, para wisatawan bisa berelaksasi. Terakhir adalah Pleasure, yang memiliki arti kesenangan para wisatawan atau kepuasan wisatawan ketika sudah beriwisata di Cipanas.

Logo Cipanas terdiri atas 3 aspek. Siluet Gunung Guntur memiliki arti bahwa kawasan ini terletak dikaki Gunung Guntur dan air panas yang bersumber dari Gunung Guntur yang masih aktif.  Teratai melambangkan potret Cipanas tempo dulu yang memiliki banyak teratai dan sekarang masih terdapat teratai di danau-danau kecil dikawasan tersebut. Gelombang berwarna biru memiliki arti kolam/tempat pemandian air panas. Warna-warna yang dipilih merupakan warna cerah yang memiliki arti keceriaan dan relaksasi saat bertamasya di kawasan wisata air panas, Cipanas.

4. Curug Orok

Nama Logo      : Curug Orok

Tagline              : Waterfall of Life

Waterfall of Life (Air Kehidupan) diambil dari filosofi Cikahuripan, yaitu air yang membawa kehidupan dimana Curug Orok ini dimanfaatkan untuk pengairan pertanian serta keperluan rumah tangga masyarakat sekitar.

Desain logo ini diambil langsung dari bentuk asli Curug Orok yang dirubah menjadi picturemark  siluet dalam format vektor. Selain itu, warna yang dipilih juga warna yang sangat alami namun tetap menyenangkan. Hal ini diharapkan dapat menghilangkan kesan angker di Curug Orok.

5. Kawah Talaga Bodas

Nama Logo      : Kawah Talaga Bodas

Tagline              : An Amazing Journey

Tagline An Amazing Journey ( Sebuah Perjalanan Menakjubkan ) disematkan pada logo ini karena ketika perjalanan menuju Kawah Talaga Bodas ini, para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan khas bumi priangan. Perjalanan ke kawasan ini juga tidak hanya dapat ditempuh lewat jalan utama, tapi dapat ditempuh pula dengan trekking, mountain bike, hingga motor cross. Dalam perjalanan menuju kawah ini pula para wisatawan akan di suguhi pemandangan Gunung Sadahurip yang konon terdapat piramida didalamnya.

Logo Kawah Talaga Bodas diambil dari 3 aspek. Yang pertama Gunung Talaga Bodas. Bentuk yang diambil adalah bentuk perbukitan yang dapat dilihat dari Kawah Talaga Bodas. Kedua Gunung Sadahurip dan yang ketiga adalah kawahnya itu sendiri. Warna yang dipilih merupakan penggambaran alam. Biru menggambarkan langit dan air serta warna hijau menggambarkan hutan dan kawasan cagar alam Talaga Bodas.

6. Gunung Papandayan

Nama Logo      : Gunung Papandayan

Tagline              : Beauty of Nature

Tagline Beauty of Nature (Kecantikan Alam) dipilih karena TWA Gunung Papandayan memiliki keindahan alam yang komplit. Mulai dari kawah, hutan, curug, hingga hamparan luas bunga Edelweiss.

Logonya sendiri merupakan siluet dari Gunung Papandayan tersebut. Ada kawah dan galaksi bintang yang bisa diliat ditempat camping ground, Pondok Saladah. Kemudian warna hijau mewakili alam yang membentang luas di Gunung Papandayan.

7. Pantai Santolo

Nama Logo      : Pantai Santolo

Tagline              : Island of Vacation

Tagline Island of Vacation (Pulau Liburan) dipilih karena Pantai Santolo merupakan pantai paling favorit di Garut Selatan. Hamparan pasir putih serta terdapat Pulau Santolo yang memiliki laguna serta air yang tenang menambah kelengkapan liburan keluarga anda. Disini juga terdapat watersport seperti banana boat.

Logo Pantai Santolo terdiri atas 4 aspek. Yang pertama pohon kelapa yang merupakan pohon untuk mewakili suasana pantai. Lalu tulisan Santolo yang membentuk senyuman dan banana boat yang berarti pantai ini akan membawa keceriaan para wisatawan serta banana boat yang merupakan sarana bermain di Pantai Santolo. Kemudia vektor berwarna hijau melambangkan laguna di Pulau Santolo dan gelombang biru merupakan ombak pantai.

8. Museum RAA Adiwijaya

Nama Logo      : RAA Adiwijaya

Tagline              : Garut City Museum

Tagline Garut City Museum (Museum Garut Kota)   diambil karena letak museum ini terletak dipusat kota. Selain itu, museum ini memang diproyeksikan untuk menjadi museum kota yang memuat sejarah, peninggalan, dan fakta-fakta unik seputar kota Garut.

Logonya sendiri merupakan foto dari Bupati pertama, RAA Adiwijaya yang dibentuk ke dalam format vektor. Warna kuning memiliki filosofi unik, dimana warna kuning berarti menyedot perhatian dan juga bisa mewakili sejarah. Diharapkan museum ini kelak akan menyedot perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Garut.

9. Pantai Rancabuaya

Nama Logo      : Pantai Rancabuaya

Tagline              : Your Sunset Side Bay

Tagline Your Sunset Side Bay (Sunset Sebuah Sisi Teluk Milik Anda) dipilih karena Pantai Rancabuaya berbentuk teluk dan memiliki sunset yang paling indah diantara pantai-pantai lainnya di Garut. Logonya sendiri merupakan aplikasi perpaduan antara sunset yang berada diteluk dengan burung-burung terbang yang menambah keeksotisan Pantai Rancabuaya.

10. Situ Bagendit

Nama Logo      : Situ Bagendit

Tagline              : Wisata Keluarga

Tagline Wisata Keluarga dipilih karena Situ Bagendit merupakan tempat paling cocok untuk keluarga. Sekedar berkumpul ataupun menikmati panorama Situ Bagendit.  Tagline berbahasa Indonesia dipilih karena mayoritas dan target wisatawan Situ Bagendit adalah wisatawan domestik.

Logo Situ Bagendit sendiri diwakili oleh gelombang (lebih mirip dengan genangan air) yang mempresentasikan Situ Bagendit itu sendiri. Sedangkan objek warna hijau melambangkan eceng gondok yang merupakan tanaman air yang menjadi penghias situ. Sedangkan warna biru memiliki makna air karena dominasi alam yang berada di Situ Bagendit adalah air.

Logo dibuat dengan tema ceria dan menyenangkan karena memang tujuan utama wisatawan untuk pergi ke Situ Bagendit adalah untuk rekreasi. Selain itu, tema ini juga mewakili wahana-wahana permainan anak yang ada di Situ Bagendit.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This