Curug Kancil : Curug Keramat dan Lansekap Garut Utara

Selain curugnya, di sepanjang perjalanan menuju Kampung Kancil juga kalian bakal disuguhi pemandangan lansekap Garut Utara yang sangat luar biasa.

Satu lagi destinasi alternatif buat Travelmate semua yang ingin melepas penat di daerah Garut Utara, tepatnya di Kecamatan Cibatu. Namanya adalah Curug Kancil, diambil dari nama kampung tempat air terjun ini berada, yaitu Kampung Kancil, Desa Padasuka, Kecamatan Cibatu.

Tinggi Curug Kancil ini sekitar 20 meter, debit airnya besar dan airnya jernih walaupun di musim hujan. Di musim kemarau pun airnya tidak pernah surut. Sumber air di lembah yang sering di sebut Gunung Kancil ini memang melimpah dan dimanfaatkan oleh banyak warga lokal untuk kebutuhan sehari-hari. Curug ini pasti sukses menggoda kalian buat nyurug atau mandi langsung dari air curugnya.

Curug Kancil

Akses menuju Curug Kancil ini terbilang mudah, karena bisa di akses mobil sudah ada hingga Kampung Kancil. Namun, perlu diingat bahwa jalan ini adalah jalan desa di pegunungan, sehingga jalan yang akan dilewati seringkali menanjak dan rusak di sana-sini. Perlu kendaraan dalam kondisi prima untuk mencapai Kampung Kancil ini. Dari Kampung Kancil, Travelmate harus berjalan kaki sekitar 5 menit, menuruni undakan-undakan tanah dan batu menuju Curug Kancil.

Jika Travelmate berangkat dari Garut Kota, pergilah ke Cibatu (via Wanaraja-Sukawening-Cibatu atau via Banyuresmi-Leuwi Goong-Cibatu), lalu ambil jalan terusan menuju Malangbong. Sedangkan jika  kalian berangkat dari Bandung, Jakarta, atau Tasik, ambil jalan selatan provinsi yang menghubungkan Nagrek, Limbangan, Malangbong dan Ciawi. Beloklah ke arah Cibatu di persimpangan antara Malangbong dan Limbangan.

Jalan menuju Curug Kancil cukup mudah dikenali, yaitu ditandai dengan terowongan di bawah lintasan rel kereta api. Masuklah ke terowongan itu dan ikuti jalannya terus. Kampung Kancil adalah kampung terakhir di jalan itu. Setelah tiba di Kampung Kancil, Travelmate tinggal bertanya-tanya saja ke warga sekitar yang ramah-ramah.

Terowongan menuju Curug Kancil di Kampung Kancil

Selain curugnya, di sepanjang perjalanan menuju Kampung Kancil juga kalian bakal disuguhi pemandangan lansekap Garut Utara yang sangat luar biasa. Dataran pesawahan yang dibelah oleh rel kereta api lintas selatan jawa, Gunung Haruman dan Gunung Guntur terlihat menawan di kejauhan. Panorama hijau nya sangat cantik. Lansekap hijau ini bisa kalian nikmati di tugu Kodim di atas sebuah batu besar.

Lansekap Garut Utara di Jalan Menuju Curug Kancil

Lansekap Garut Utara di Jalan Menuju Curug Kancil

Di area Curug, sudah ada saung-saung bambu dan tempat duduk. Ada juga aliran air untuk bilas, walaupun berada di ruang terbuka, belum berbentuk kamar bilas. Untuk berganti pakaian, sang Kuncen, Abah Dayat, menyediakan satu saung bambu sederhana yang ditutupi dengan kain. Curug ini ternyata cukup populer untuk warga lokal karena sudah cukup banyak yang mengunjungi. Sampah pun berserakan setelah hari libur yang padat pengunjung. Sayangnya, fasilitas dan pengelolaan kepariwisataan masih sangat minim di sini, karena saat ini Curug masih dikelola secara tradisional oleh kuncen nya. Biaya masuk ke curug ini pun cukup murah, hanya dua ribu rupiah saja per orangnya.

Tugu Kujang, jalan menuju Curug Kancil, Cibatu

Curug Kancil, selain menjadi destinasi wisata alternatif bagi warga lokal, juga ternyata menjadi destinasi khusus bagi mereka yang menganggap curug ini keramat. Masih sering ada pengunjung yang membawa sesajen ke sini dan berdoa ini itu. Bahkan sempat masuk liputan stasiun TV nasional ke Curug Kancil ini di acara dengan tema horror.

Kalian juga bisa mendapatkan pengalaman menarik diberi doa oleh kuncen, Abah Dayat, sembari dimandikan dengan air curug. Tenang saja, kuncen ini tidak meminta doa kepada curug lho Travelmate, tapi berdoa meminta langsung kepada Tuhan Yang Maha Esa. Doanya juga bisa macam-macam, seperti minta dilapangkan rezeki, dilancarkan jodoh, dan banyak lagi sesuai keinginan kalian. Berdoa sambil mandi di Curug Kancil ini lumayan bikin merinding juga sih, hehehe…

Yang pasti, buat mereka yang hobi menjelajah, mencari tempat-tempat baru yang terpencil, dan ingin memperoleh pengalaman baru, Curug Kancil ini mesti dijajal.

Curug Kancil

Curug Kancil ini adalah salah satu keindahan Garut Utara. Ingin menjelajah Garut Utara lebih dekat? Ayo  Explore Garut Utara bersama kami!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This