Batu Akik Garut : Permata Garut Selatan Yang Mendunia

Belakangan ini, banyak sekali warga Garut berkerumun dipinggir jalan. Dari tengah kerumunan itu, suara mesin potong dan gerinda terdengar jelas.

Batu Akik! Itulah alasannya. Kini demam batu akik tidak hanya melanda warga Garut, tapi juga kota-kota lainnya hampir di seluruh Indonesia. Nah, walaupun demamnya hingga mencapai seluruh penjuru Indonesia, banyak wisatawan pecinta batu akik tetap aktif berburu ke Garut. Alasannya tentu karena kualitasnya.

Jenis batu akik yang paling diburu diantaranya Garut Hijau atau Ohen dan Pancawarna. Bahkan harga batu jenis ini bisa mengalahkan harga batu Ruby dan Saphire. Jika harga batu tersebut berkisar diantara Rp 1.500.000,- sampai dengan Rp. 3.000.000,- per cincinnya, maka harga batu akik Garut jenis Ohen dan Pancawarna bisa menembus harga Rp. 5.000.000,- per cincinnya. Harga perkilo-nya bisa mencapai puluhan juta sampai miliaran rupiah.

Sebenarnya kehebatan kedua jenis batu tersebut sudah cukup dikenal sejak zaman pemerintah kolonial Belanda sekitar tahun 1878. Batu mulia itu pernah diangkut dalam jumlah yang banyak menggunakan kereta api uap tujuan Kecamatan Cikajang sampai Kecamatan Cibatu dan dilanjutkan kereta api jurusan Batavia. Batu Garut hijau dan pancawarna bahkan juga dibawa hingga ke Belanda dan Eropa sebagai bukti bahwa hasil bumi Indonesia melimpah.

Kualitas batu akik asal Garut ini menyaingi zamrud dari Rusia. Umumnya batu akik itu tingkat kekerasannya 4-5 Mohs. Sedangkan batu akik Garut hampir mendekati berlian, 7 Mohs. Bahkan Pangeran Charles pun menggunkan batu akik hijau asal Garut yang dibeli dari Belanda. Harganya pun fantastis, miliaran!

Nah, berikut adalah jenis-jenis batu akik asal Garut.

  1. Batu Hijau Garut / Ijo Garut

Ada dua jenis batu ijo garut salah satunya yang memiliki kualitas super terbaik adalah jenis chrysoprase yang terdapat pada batu ijo garut ohen, batu dengan jenis chrysoprase ini sangat langka sekali. Jenis ini paling banyak di buru para kolektor. Bongkahan batu ini sangatlah sulit ditemukan, bahkan disinyalir sudah habis. Maka jangan heran jika harga batu ini super mahal.

 

  1. Batu Hijau Tosca / Tosca Garut

Batu Hijau Toska Garut tidak sepopuler ijo Garut, namun Garut Tosca memiliki peminat yang cukup banyak karena warnanya yang indah.  Kisaran harganya ada diantara 3 juta sampai dengan 20 juta rupiah. Sama seperti Ijo Garut, batu ini juga sudah sangat sulit didapatkan. Jarang sekali para penambang menemukan bongkahan batu hijau tosca ini.

 

 

  1. Batu Panca Warna / Batu Lukis

Pancawarna Garut banyak diperoleh dari Desa Caringin. Memang, wilayah Garut Selatan memiliki anugerah alam menjadi sumber penghasil batu berkualitas. Salah satu batu pancawarna yang melegenda adalah Garut Edong. Batu dengan ciri khas 5 Warna dalam 1 Batu ini, sehingga disebut Batu Panca Warna, juga sangat melegenda dan mahal harganya. Ini karena warna-warni dibatuan tersebut seolah-olah merupakan Lukisan Abstrak pada Batu dan ada juga yang menyebutnya Batu Gambar Edong. Pancawarna Edong merupakan galian sekitar tahun 1971. Batu langaka ini di temukan oleh Abah Edong. Batu ini adalah batu yang paling melegenda, bahkan dari beberapa sumber berita, ada yang menyebutkan batu pancawarana edong banyak diminati dan dipakai oleh para tokoh dunia, salah satunya Pangeran Charles.

 

 

So, buat para wisatawan pemburu batu akik, silahkan siap-siap merogoh kocek yang lebih dalam sebelum meluncur ke Garut ya… J

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This