Salah satu prasyarat penting dari sektor pariwisata adalah sarana transportasi yang prima. Dalam hal ini, Garut memang belum dapat dikategorikan sebagai kota dengan sistem transportasi umum yang istimewa. Sistem transportasi di Garut yang sifatnya umum dan massal sudah ada dan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pariwisata, walau reliabilitasnya masih terbilang kurang begitu baik.

Namun demikian, para penyedia jasa rental kendaraan wisata telah siap untuk memenuhi kebutuhan wisatawan selama berwisata di Garut. Selain itu, penyedia paket wisata Garut juga bisa menyediakan transportasi terbaiknya untuk mengantar wisatawan ke destinasi-destinasi di Garut, sehingga berwisata di Garut tidak lagi terkendala masalah transportasi.

Sarana Transportasi di Garut

Sistem transportasi yang dibutuhkan wisatawan untuk menikmati destinasi-destinasi wisata di Garut diantaranya adalah sistem transportasi umum untuk masuk dan keluar Garut serta kenyamanan fasilitasnya, infrastruktur yang menghubungkan Garut dan luar kota Garut, juga transportasi lokal di dalam Garut, serta infrastruktur jalan yang menghubungkan satu destinasi dengan destinasi atau akomodasi di dalam kota Garut. Berikut kami bahas secara singkat sistem transportasi di Garut.

Transportasi Dari dan Menuju Garut

Untuk menunjang pariwisata, sistem transportasi umum dari Garut dan keluar Garut harus memadai. Infrastruktur transportasi untuk masuk dan keluar Garut saat ini sudah sangat cukup memadai untuk pariwisata. Jalan utama dari arah Bandung (Nagreg, Kadungora, Leles) adalah jalan utama untuk masuk ke Garut dari arah Barat (Bandung/Jakarta), sedangkan dari arah timur, jalan utama menuju Tasikmalaya juga kondisinya sudah baik. Transportasi umum yang melewati jalan ini telah tersedia dan siap membawa wisatawan masuk dan keluar dari Garut.

Rel kereta pun melewati daerah Garut, walaupun masih berada cukup jauh di Garut bagian utara sehingga harus disambung dengan transportasi umum lain untuk bisa sampai ke daerah perkotaan Garut. Wacana untuk kembali mengaktifkan jalur rel kereta api di kota Garut telah dibicarakan, namun masih belum ada berita tentang realisasi dari wacana tersebut.

Bus Antar Kota

Bus Antar Kota

Bus antar-kota yang sering digunakan oleh para wisatawan diantaranya adalah bus yang menuju Garut dari arah Jakarta, Bekasi, Bandung, dan Tasikmalaya. Untuk kota-kota lain di sekitarnya, biasanya harus menggunakan bus dari kota-kota besar tadi.

Bus Primajasa jurusan Garut - Lebak Bulus, Jakarta - Info Wisata Garut - Transportasi di Garut - Jelajah Garut - Paket Wisata Garut

Bus Primajasa jurusan Garut – Lebak Bulus, Jakarta – Info Wisata Garut – Transportasi di Garut – Jelajah Garut – Paket Wisata Garut

Dari arah Jakarta ada bus ekonomi AC, Primajasa, yang bisa mengantar kalian langsung ke Garut dari pool-nya di Cililitan (BKN) dan Lebak Bulus (pool di Genteng, Ciputat). Bus ini cukup reliabel, berangkat setiap 30 menit, langsung memasuki tol Cipularang, menuju Garut. Bus lain dari arah Jakarta ada Karunia Bakti dan beberapa PO lain yang menggunakan jalur Puncak. Kalian yang berasal dari Cianjur, Sukabumi, Ciawi, dan Bogor, bisa menggunakan bus ini. Tarif bus Jakarta – Garut ini ketika artikel ini diterbitkan (11/2017) adalah Rp52.000,- per orang.

Dari arah Bandung, ada beberapa bus yang biasa beroperasi, baik dari terminal Cicaheum maupun Terminal Leuwi Panjang. Bus-bus ini biasanya berangkat setiap 30 menit. Beberapa dari bus ini belum dilengkapi dengan AC. Jika kalian berasal dari Cimahi atau Soreang, kalian bisa naik bus dari Terminal Leuwi Panjang. Sedangkan jika kalian berasal dari Sumedang, kalian bisa naik bis dari Cileunyi menuju Garut.

Untuk wisatawan yang berasal dari Jawa Tengah, ada Bus Damri yang melewati Garut dari arah Jogja, namun jumlahnya tidak banyak. Jika kalian datang dari arah Jawa Tengah, kalian bisa memilih menggunakan kereta.

[collapse]

Kereta Api

Kereta Api

Kereta Api lintas selatan adalah salah satu alternatif yang menarik untuk mengakses Garut, terutama bagi mereka yang suka melakukan perjalanan dengan kereta api. Ada dua stasiun perhentian yang sering digunakan wisatawan di Garut, yaitu Stasiun Cibatu dan Stasiun Leles. Keduanya berada di daerah Garut bagian utara, sehingga harus disambung dengan mobil untuk mencapai kota Garut.

KA Pasundan (foto via sonyarifin) - Transportasi di Garut - Info Wisata Garut - Paket Wisata Garut - Jelajah Garut

KA Pasundan (foto via sonyarifin) – Transportasi di Garut – Info Wisata Garut – Paket Wisata Garut – Jelajah Garut

Stasiun Leles (LL) berada di Kecamatan Kadungora dan berjarak sekitar 20 km dari kota Garut. Untuk mencapai kota Garut dari stasiun Leles ini, kalian tinggal menggunakan transportasi umum (bus atau elf) dari Jakarta atau Bandung yang menuju ke arah Garut. Bus antar kota ini lewat tepat di jalan raya terdekat di luar Stasiun Leles. Stasiun Cibatu (CB) terletak di Kecamatan Cibatu, dan merupakan salah satu stasiun bersejarah di Garut, sejak dikunjungi Charlie Chaplin pada kunjungannya ke Garut dulu.

Ada beberapa kereta yang singgah di Stasiun Cibatu dan Leles, yaitu :

1. Kereta Serayu yang melayani rute Pasar Senen ke Purwokerto. Jika kalian berangkat dari arah Jakarta, kalian bisa menggunakan kereta ini. Begitu juga jika kalian berangkat dari arah Purwokerto. Dari Jakarta, kereta ini berangkat jam 9 pagi dan malam. Kereta pagi tiba di Stasiun Cibatu di siang hari sekitar jam 1-2 siang, baik dari arah Jakarta maupun Purwokerto. Jika hari masih siang, ada banyak transportasi lokal yang tersedia untuk membawa kalian melanjutkan perjalanan ke Garut. Kereta Serayu malam tidak berhenti di Stasiun Cibatu tapi berhenti di Stasiun Leles sekitar jam 2 dini hari. Pastikan kalian punya menyiapkan jemputan untuk kalian, karena di jam tersebut kecil kemungkinan ada transportasi umum yang masih beroperasi.

2. Kereta Pasundan yang melayani rute Kiaracondong ke Surabaya-Gubeng. Kereta ini berangkat dari Stasiun Kiaracondong, Bandung, pagi-pagi sekali dan tiba di Stasiun Cibatu sekitar jam 7 pagi, juga berhenti di Stasiun Leles setengah jam sebelumnya. Kalian bisa menggunakan kereta ini . Jika kalian berangkat dari Surabaya, kalian juga bisa menggunakan kereta ini dan tiba di Stasiun Cibatu sekitar jam 10 malam, hanya saja sedikit transport lokal yang tersedia di jam tersebut, sehingga ada baiknya kalian menyiapkan jemputan.

3. Kereta Kahuripan ini melayani rute Kiaracondong ke Kediri. Kereta ini bisa jadi alternatif kalian untuk pergi ke Garut dari Stasiun Kiaracondong. Hanya saja, kereta Kahuripan dari arah Kediri tidak berhenti di stasiun Cibatu. Kereta Kahuripan ini juga tidak berhenti di Stasiun Leles, baik yang berasal dari Bandung maupun dari Kediri. Kereta ini berangkat dari Kiaracondong jam 6 sore, dan tiba di Stasiun Cibatu sekitar jam 7 malam.

4. Kereta Api Mutiara Selatan, kereta eksekutif dan bisnis yang melayani rute Kiaracondong (Bandung)-Surabaya-Malang. Jika kalian ingin naik kereta eksekutif atau kereta bisnis, naiklah KA Mutiara Selatan. Kereta ini adalah kereta cepat; berangkat dari Kiaracondong jam 5 sore, dan tiba di Stasiun Leles kurang dari satu jam, namun kereta ini tidak berhenti di Stasiun Cibatu. Tarif yang harus dibayar juga beberapa kali lebih mahal dari tiket kereta ekonomi lain.

5. Kereta Lokal Cibatu – Purwakarta
Kereta lain yang juga sering digunakan wisatawan lokal adalah kereta lokal Cibatu-Purwakarta. Kereta yang murah meriah ini berhenti di Stasiun Leles dan perhentian terakhirnya di Stasiun Cibatu. Kereta ini juga bisa kalian gunakan dari Kiaracondong dan Padalarang. Walaupun kereta ini tergolong kereta lambat (karena berhenti di setiap stasiun yang dilewati) namun harganya yang murah meriah membuat kereta ini masih jadi opsi utama bagi banyak orang, terutama warga Garut.

***

Untuk mengecek tarif kereta api, kunjungi website resmi PT KAI dan reservasi online di tautan berikut ini.

[collapse]

Shuttle dan Jasa Antar Jemput

Shuttle dan Jasa Antar Jemput

Jika kalian ingin kendaraan umum yang nyaman dan memiliki reliabilitas cukup tinggi, kalian bisa menggunakan jasa Shuttle ini. Ada beberapa Shuttle yang cukup reliabel melayani rute Garut ke Bandung dari pool ke pool. Shuttle KPM Trans misalnya, telah melayani jasa transportasi penumpang dan berangkat setiap 30 menit.

Selain shuttle, kalian juga bisa menggunakan jasa antar jemput wisata. Jelajah Garut, sebagai penyedia jasa wisata di Garut, juga menyediakan jasa penjemputan di Bandara Husein Sastranegara, Bandara Halim Perdanakusuma, dan Bandara Soekarno-Hatta. Kita juga bisa menyediakan jasa penjemputan di tempat yang ditentukan wisatawan.

Kita juga bisa menyediakan mobil minibus, elf pariwisata, hingga bus pariwisata untuk keperluan kegiatan kalian seperti gathering, outing, reuni, study tour, dan kegiatan wisata massal lainnya. Jasa ini biasanya telah termasuk ke dalam jasa paket wisata garut yang kami tawarkan.

Untuk memesan jasa antar jemput wisata ini, hubungi saja nomor kontak Jelajah Garut Tour Organizer di 082216222209.

[collapse]

Transportasi Lokal di Garut

Akses dan infrastruktur transportasi lokal sangat penting perannya dalam menunjang kegiatan wisatawan selama berwisata ke Garut. Wisatawan harus bisa mengakses destinasi dengan mudah, sehingga kesulitan-kesulitan dalam transportasi harus diminimalkan. Informasi mengenai transportasi lokal di Garut menjadi sangat penting untuk bekal wisatawan sebelum pergi ke Garut.

Jadi berikut kami uraikan sistem transportasi lokal di Garut.

Sewa Angkot

Sewa Angkot

Carter angkutan kota atau sewa Angkot bisa jadi alternatif murah meriah bagi kalian yang ingin berkeliling kota Garut, terutama jika kalian berwisata dalam jumlah 8-12 orang. Walaupun dengan kenyamanan minimal, tapi angkot tetap sering menjadi pilihan utama karena harganya yang terjangkau.

Angkot Cikajang, langganan pendaki Papandayan dari Terminal Guntur. (foto dari fnugrahendi.files.wordpress.com) - Transportasi di Garut - Info Wisata Garut - Paket Wisata di Garut - Jelajah Garut

Angkot Cikajang, langganan pendaki Papandayan dari Terminal Guntur. (foto dari fnugrahendi.files.wordpress.com) – Transportasi di Garut – Info Wisata Garut – Paket Wisata di Garut – Jelajah Garut

Jika kalian berwisata dalam jumlah kecil, kalian juga bisa menggunakan angkot sesuai dengan rute-rute yang ada. Biasanya, angkot-angkot ini tidak mencapai destinasi wisata langsung, karena destinasi wisata di Garut yang letaknya agak berjauhan, sehingga kalian harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek dari desa sekitar. Contohnya, untuk mengunjungi Papandayan kalian harus melanjutkan naik ojek atau pick up setelah turun dari angkot Cikajang di Alun-alun Cisurupan, dan untuk mengunjungi Kawah Talaga Bodas, kalian juga harus melanjutkan naik ojek setelah turun dari angkot Sukawenging di Alun-alun Wanaraja.

[collapse]

Elf ke Garut Selatan

Elf ke Garut Selatan

Untuk mengunjungi daerah Garut Selatan, kalian bisa menggunakan transportasi umum Elf. Biasanya Elf ini hanya satu kali pemberangkatan ke satu kecamatan tertentu di Garut Selatan dalam satu hari. Saat ini, hampir tidak ada opsi transportasi umum lainnya untuk ke Garut Selatan selain elf-elf ini. Walaupun demikian, tingkat reliabilitas dan kenyamanan elf ini mungkin tidak begitu baik untuk wisatawan. Setelah kalian sampai di Garut Selatan, opsi transportasi umum berikutnya hingga kalian mencapai tempat wisata adalah ojek.

Elf ke Singajaya, Garut Selatan (foto via sys1726.files.wordpress.com) - Transportasi di Garut - Info Wisata Garut - Paket Wisata Garut - Jelajah Garut

Elf ke Singajaya, Garut Selatan (foto via sys1726.files.wordpress.com) – Transportasi di Garut – Info Wisata Garut – Paket Wisata Garut – Jelajah Garut

Secara umum, kami tidak merekomendasikan penggunaan transportasi umum untuk berwisata ke daerah Garut Selatan. Selain karena reliabilitasnya yang relatif rendah, juga waktu, tenaga, dan biaya yang dihasilkan untuk menggunakan moda transportasi ini terlalu besar untuk keperluan wisata. Akan lebih baik jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, atau menggunakan jasa antar wisata, seperti yang disediakan Jelajah Garut.

[collapse]

Transportasi Online

Transportasi Online

Ketika artikel ini dibuat (11/2017), transportasi online di Garut hanya baru mencakup kawasan perkotaan saja. Untuk mencapai destinasi-destinasi di perkotaan seperti pusat perkantoran atau pusat perbelanjaan, memang transportasi online bisa jadi salah satu opsi yang menarik, karena selain mudah dan tarif yang jelas, transportasi online juga relatif lebih reliabel.

[collapse]

Rental Mobil

Rental Mobil

Ada banyak jasa rental mobil di Garut yang bisa kalian temui di mesin pencarian. Jenis mobil yang disewakan pun beragam, dari mulai minibus, elf pariwisata, sampai bus pariwisata. Jelajah Garut juga menyediakan jasa antar wisata untuk mengantar kalian mengunjungi destinasi-destinasi wisata di Garut, hubungi saja nomor kontak Jelajah Garut Tour Organizer di 082216222209.

[collapse]

Membeli Paket Wisata Garut yang Lengkap

Transportasi di Garut - Jasa Antar Wisata Jelajah Garut - Paket Wisata Garut - Info Wisata Garut

Transportasi di Garut – Jasa Antar Wisata Jelajah Garut – Paket Wisata Garut – Info Wisata Garut

Kalian bisa melupakan kesulitan-kesulitan dalam masalah transportasi di Garut dengan membeli paket wisata garut yang lengkap dari Jelajah Garut. Kita bisa melakukan penjemputan dari luar kota Garut dan juga mengantar selama berwisata di dalam kota Garut. Transportasi yang tersedia pun beragam sesuai dengan kebutuhan wisatawan.

Selain kemudahan, kenyamanan, dan reliabilitas transportasi yang kita sediakan, kalian juga bisa merasakan pengalaman mengikuti paket wisata Garut terbaik dari Jelajah Garut dengan semua kegiatan serunya. Tidak hanya itu, kalian juga tidak perlu pusing dengan urusan penginapan, makan, peralatan kegiatan, urusan administrasi seperti tiket masuk dan surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi), dan urusan lainnya. Kita bisa menyediakan paket wisata Garut yang lengkap.

***

Sistem transportasi umum di Garut memang tidak terlalu reliabel untuk keperluan wisata, namun dengan banyaknya penyedia jasa wisata seperti rental mobil, jasa antar wisata, dan paket wisata lengkap, kalian tidak perlu pusing dengan moda transportasi di Garut.

Infrastruktur jalan-jalan utama di Garut sudah cukup baik, namun jika kalian mencari destinasi yang terletak jauh dari jalan utama, kalian bisa bertemu jalan-jalan yang kondisinya sangat rusak atau jalan makadam berbatu yang belum diaspal. Untuk itu, kalian harus betul-betul melakukan riset mendalam sebelum mengunjungi tempat wisata tertentu. Kalian bisa bertanya pada admin Jelajah Garut, melalui kontak yang tersedia atau email, untuk bertanya seputar pariwisata Garut.

Oh ya, Jelajah Garut juga menyediakan paket wisata Offroad di Garut lho!



Pin It on Pinterest

Shares
Share This