Wisata Edukasi Konservasi Kamojang 1D Trip

Kamojang, Natural Wonder of Pangirutan

Wisata Edukasi Konservasi Kamojang

Kamojang memiliki dua fasilitas konservasi terpandang di Indonesia, Pusat Konservasi Elang Kamojang dan Arboretum Cibeureum. Dua fasilitas konservasi inilah yang ditawarkan di Paket Wisata Edukasi Konservasi Kamojang ini.

Pusat Konservasi Elang Kamojang digadang sebagai Surga Baru Penyelamatan Elang di Indonesia menurut National Geographic. Fasilitas ini telah merehabilitasi banyak sekali jenis elang, tidak terkecuali Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), si Garuda simbol negara Indonesia, yang terancam punah.

Arboretum Cibeureum dibangun sebagai pusat penelitian flora, termasuk diantaranya tumbuh-tumbuhan langka, yang nantinya bisa dijadikan rujukan bagi kalangan ilmuwan baik lokal maupun mancanegara. Lokasinya yang dekat dengan danau purba, Situ Cibeureum, di Kecamatan Samarang Kabupaten Garut, Jawa Barat, membuat Arboretum juga dijadikan fasilitas konservasi sumber mata air.

Kedua fasilitas konservasi ini merupakan sumber pembelajaran yang luar biasa bagi warga Garut, khususnya bagi siswa-siswi sekolah menengah. Selain dapat memberi wawasan, destinasi ini juga dapat menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk ikut serta dalam gerakan konservasi alam.

Paket Wisata Edukasi Konservasi Kamojang ini dapat dijadikan alternatif wisata edukasi untuk siswa-siswa kelas menengah, atau dikombinasikan dengan paket wisata lain untuk dijadikan satu paket karya wisata atau Study Tour di Garut.

Tingkat Kesulitan

Tidak ada kesulitan berarti dalam paket wisata ini. Paket wisata ini dapat diikuti oleh semua umur dari semua kalangan.

[collapse]

What to Do

What to Do when Title Trip

  • Belajar tentang Upaya Konservasi Elang di Indonesia

Banyak spesies Elang yang terancam punah terutama karena perburuan dan berkurangnya habitat asli elang. Di sini para siswa dapat mempelajari upaya yang dilakukan untuk merehabilitasi populasi elang dan juga siswa dapat memberi kontribusi secara langsung dalam upaya pelestarian kembali spesies-spesies elang yang terancam punah.

  • Belajar tentang Upaya Pelestarian Flora

Siswa dapat mulai mempelajari taksonomi flora-flora yang ada di Arboretum Cibeureum untuk mengenal objek kajiannya itu sendiri. Selanjutnya siswa dapat mempelajari upaya pelestarian flora-flora ini.

  • Berfoto dan Sightseeing

Daya tarik utama bagi siswa adalah bahwa kegiatan ini tetap bersifat menyenangkan sehingga para siswa dapat belajar dalam suasana yang santai namun efektif karena siswa terlibat langsung dengan objek kajian. Di paket ini, tentu siswa dapat mengabadikan momen dengan berfoto, juga menikmati panorama alam yang masih sangat asri di daerah Kamojang.

  • Menanam pohon

Siswa dapat berkontribusi langsung dengan ikut menanam pohon kayu yang nantinya dapat menjadi habitat asli elang dan juga kembali menghijaukan area yang telah mengalami perambahan hutan. Setiap siswa dapat menjadi wali pohon dan merawat pohonnya dari jauh.

[collapse]

Fasilitas Trip

Fasilitas Wisata Edukasi Konservasi Kamojang

Fasilitas bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan peserta trip. Beberapa fasilitas yang telah biasa kami sediakan dalam trip Wisata Edukasi Konservasi Kamojang ini diantaranya:

– Transportasi
– Tiket masuk
– Bibit tanaman dan tempat penanaman pohon
– Pemateri
– Snack/Makan
– Guide
– Dokumentasi

[collapse]

Reservasi Trip

Reservasi Wisata Edukasi Konservasi Kamojang

Untuk Reservasi Paket Wisata Garut Wisata Edukasi Konservasi Kamojang hubungi Jelajah Garut di:

[collapse]

Foto-foto Trip

Mempelajari upaya konservasi elang (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Konservasi Kamojang)

Mempelajari upaya konservasi elang (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Konservasi Kamojang)

Menanam pohon di kawasan Pusat Konservasi Elang Kamojang. Paket Wisata Garut. Wisata Edukasi Konservasi Kamojang.

Menanam pohon di kawasan Pusat Konservasi Elang Kamojang. Paket Wisata Garut. Explore Kamojang.

[collapse]

Lihat Juga Paket Wisata Garut Lainnya Melalui Tautan Ini

Pin It on Pinterest

Shares
Share This