Wisata Edukasi Geothermal Kamojang 1D Trip

Kamojang, Natural Wonder of Pangirutan

Wisata Edukasi Geothermal Kamojang | 1D Trip

Paket Wisata Edukasi Geothermal Kamojang ini bisa dijadikan alternatif wisata edukasi untuk siswa-siswa kelas menengah, atau dikombinasikan dengan paket wisata lain untuk dijadikan satu paket karya wisata atau Study Tour di Garut. Paket Wisata Garut ini menawarkan kunjungan edukasi ke salah satu fasilitas pembangkit listrik paling ikonik di Garut dan juga di Indonesia, yaitu PLTP Kamojang.

Dibangun pada tahun 1926 oleh pemerintah Hindia Belanda, membuat situs Geothermal Kamojang menjadi yang tertua di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki 40% cadangan energi panas bumi dunia. Energi Panas Bumi merupakan energi bersih berkelanjutan yang memiliki efisiensi tinggi. Hampir tidak menghasilkan emisi karbon, relatif tidak berisik, dan reliabel. Pembangkit listik tenaga geothermal menghasilkan listrik sekitar 90%, dibandingkan 65-75 persen pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

PLTP Kamojang merupakan sarana belajar yang luar biasa bagi siswa. Siswa dapat mempelajari bagaimana teori fisika sederhana yang mereka pelajari di kelas bisa membawa mereka ke sesuatu yang nyata dengan semua kompleksitasnya. Selain itu, siswa juga bisa berwisata di area Kawah Kamojang yang terletak tidak jauh dari area PLTP Kamojang.

Minimum Peserta: 25 Orang

Tingkat Kesulitan

Tidak ada kesulitan berarti dalam paket wisata ini. Paket wisata ini dapat diikuti oleh semua umur dari semua kalangan.

[collapse]

What to Do

What to Do di Wisata Edukasi Geothermal Kamojang

  • Mengunjungi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi tertua di Indonesia.

Siswa dapat melihat secara langsung ke fasilitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang, dan mempelajari cara kerja pembangkit listrik ini. Siswa dapat melihat sistem perpipaan dan penggunaan air, dan sistem pembangkit listrik secara umum.

  • Belajar konsep dasar fisika tentang hukum kekekalan energi.

Di tempatnya langsung, siswa dapat belajar tentang bagaimana para insinyur bisa mengubah energi panas bumi menjadi energi listrik, sesuai dengan hukum-hukum fisika sederhana. Tidak hanya itu, para siswa dapat belajar aplikasi nyata dari teori yang telah dipelajari di kelas, serta kompleksitas yang ditemui dalam aplikasi tersebut.

  • Menikmati keindahan dan keunikan panorama alam Kawah Kamojang.

Ada banyak kawah unik di Kamojang, dari mulai Kawah Brecek yang punya karakter khas danau vulkanik, Kawah Kereta Api yang bunyinya menyerupai bunyi kereta api, hingga Kawah Hujan yang mengeluarkan uap air hangat sehingga bisa digunakan untuk mandi uap. Selain itu, panorama alamnya yang hijau juga sangat menyegarkan

  • Mempelajari aktivitas gunung api melalui aktivitas Kawah Kamojang.

Kawah-kawah yang unik di Kamojang merupakan bukti aktivitas gunung api. Hal ini juga bisa menjadi objek kajian yang menarik bagi siswa yang tertarik dengan fenomena kebumian.

[collapse]

Fasilitas Trip

Fasilitas Wisata Edukasi Geothermal Kamojang

Fasilitas bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan peserta trip. Beberapa fasilitas yang telah biasa kami sediakan dalam trip “Wisata Edukasi Geothermal Kamojang” ini diantaranya:

– Transportasi
– Tiket masuk
– Pemateri
– Guide
– Dokumentasi

[collapse]

Reservasi Trip

Reservasi Wisata Edukasi Geothermal Kamojang

Untuk Reservasi Paket Wisata Garut TRIP TITLE hubungi Jelajah Garut di:

[collapse]

Foto-foto Trip

Bermain sambil belajar di area Kawah Kamojang (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Geothermal Kamojang)

Bermain sambil belajar di area Kawah Kamojang (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Geothermal Kamojang)

Kawah Kereta Api di kompleks Kawah Kamojang, Garut (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Geothermal Kamojang)

Kawah Kereta Api di kompleks Kawah Kamojang, Garut (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Geothermal Kamojang)

[collapse]

Lihat Juga Paket Wisata Garut Lainnya Melalui Tautan Ini

Pin It on Pinterest

Shares
Share This