Hike to Mount Papandayan 2D1N

A Beginning to a Wonderful Journey

Hike to Mount Papandayan 2D1N

Tidak seperti Gunung Bromo atau Gunung Tangkuban Parahu yang bisa diakses dengan mudah tanpa pendakian berarti, Taman Wisata Alam Gunung Papandayan (Baca juga: Artikel Tentang Taman Wisata Alam Gunung Papandayan) tetap harus didaki dengan persiapan pendakian yang matang. Ini membuat pendaki pemula tetap akan merasakan sensasi persiapan pendakian, seperti belajar packing, nge-list kebutuhan alat dan logistik, pinjem-pinjem atau nyewa peralatan yang belum ada, baca-baca catper orang, dan sebagainya. Namun bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang Paket Wisata Garut bisa cek langsung di Hike to Mount Papandayan 2D1N.

Pun juga sensasi trekking; pendaki pemula bisa mempelajari itu dari tanjakan demi tanjakan yang dilalui. Tentu tanjakan-tanjakan itu tidak seberat di dua gunung saudaranya, Gunung Cikuray dan Gunung Guntur, sehingga pendaki pemula bisa memperkirakan seberapa kuat kondisi fisiknya untuk pendakian di gunung yang lain. Selain itu, pendaki pemula juga bisa mulai belajar mengatur penggunaan air minum, mendirikan tenda, memasak dengan alat yang terbatas, mengambil kembali sampah, dan kondisi-kondisi khas pendakian lainnya.

Well, Gunung Papandayan memang gunung yang bagus untuk belajar mendaki, tapi pembelajaran yang paling bagus dari Gunung Papandayan adalah bahwa banyak dari kecantikan alam ciptaan-Nya tersembunyi dengan baik di ketinggian. Bagaimana cara mendapatkan momen tersebut? Salah satu momennya yaitu dengan mengikuti Paket Wisata Garut Hike to Mount Papandayan 2D1N.

Jelajah Garut Hike to Mount Papandayan 2D1N

Dari mulai awal pendakian, para pendaki bakal melihat megahnya kompleks kawah Gunung Papandayan yang dikelilingi tebing-tebing tinggi. Kepulan-kepulan asap dan air belerang yang meletup-letup memperlihatkan seberapa aktif gunung ini. Bau belerang yang menyengat dari arah kawah malah menjadi daya tarik tersendiri.

Pos-pos peristirahatan pun cukup nyaman dengan berdirinya beberapa warung warga hingga Gober Hut Camping Ground, setelah sekitar 1,5 jam pendakian. Para pendaki bisa melihat longsoran besar yang dulu memotong jalur utama. Lalu juga melewati sungai kecil yang cantik dengan air pegunungan yang segar.

Tempat camp, Pondok Saladah, adalah tempat yang tidak kalah menarik. Disini terdapat luasan yang juga ditumbuhi bunga Eidelweis, dan juga terdapat sumber air yang cukup melimpah. Pondok Saladah menghadap ke bukit yang menjulang indah. Di pagi hari yang cerah, bukit ini terlihat sangat bagus diterpa cahaya mentari.

Hanya beberapa ratus meter dari Pondok Saladah Camping Ground, terdapat kawasan Hutan Mati yang terkenal. Pohon-pohon yang mati ini memang agak memberi suasana mistis, namun keindahannya hampir tidak ada duanya. Disini juga pendaki bisa melihat keindahan sun rise.

 

***

Dengan keindahan demikian rupa, siapa yang tidak akan jatuh cinta dengan Gunung Papandayan? Banyak pendaki pemula menjadi ketagihan mendaki karena Gunung Papandayan. Namun demikian, tentu para pendaki haruslah juga belajar tentang cara mencintai pendakian dengan baik dan benar. Para pendaki harus betul-betul sadar untuk menjaga kebersihan gunung dan menjaga kelestariannya;

Bahwa memetik bunga Edelweiss itu sama sekali tidak diperbolehkan dan bahwa mengambil kembali semua sampah yang kita hasilkan itu adalah suatu kewajiban. Mari kita jaga Papandayan agar kita bisa dengan bangga menunjukkannya pada generasi berikutnya.

***

Nah jika kalian ingin mendaki dengan aman dan nyaman, tapi juga penuh dengan edukasi tentang pendakian dan alam, ayo ikuti trip Paket Wisata di Garut Hike to Mount Papandayan 2D1N.

 

Tingkat Kesulitan

Trekking di jalan setapak yang telah dibuat tangga-tangga berbatu, dengan kecuraman dan kesulitan relatif mudah.
Sepanjang trek adalah jalur yang terbuka, sehingga sengatan matahari di siang hari akan langsung menyinari kita, dan dapat membuat kita menjadi lebih mudah kelelahan. Sangat dianjurkan untuk melakukan trekking sepagi mungkin dan membawa topi atau tutup kepala yang melindungi ubun-ubun dari sengatan sinar matahari langsung.
Tidak ada batasan umur untuk trip ini, namun untuk anak berumur kurang dari 10 tahun harus terus didampingi orang tua.

[collapse]

What to Do

What to Do when Hike to Mt Papandayan

  • Sightseeing

Selama program Hike to Mount Papandayan 2D1NBanyak sekali spot indah di Gunung Papandayan. Dari mulai awal pendakian, kalian bakal disuguhi pemandangan tebing-tebing tinggi yang mengelilingi kompleks kawah Gunung Papandayan dan Camp David, belum lagi spot-spot menarik lainnya seperti Hutan Mati dan Pondok Saladah Camping Ground. Selain itu, Gunung Papandayan memiliki salah satu spot melihat sunrise terbaik di Garut.

 

Baca juga: Artikel Mengejar Sunrise di Gunung Papandayan Garut Jawa Barat

  • Fotografi

Pemandangan yang indah, berarti sumber inspirasi bagi kalian para pecinta fotografi, terutama fotografi alam bebas. Lansekap yang indah, suasana hutan mati yang misterius, bunga abadi Edelweiss, hingga langit malam Pondok Saladah Camping Ground yang tidak jarang menampilkan jutaan bintang Milky Way yang dapat dilihat dengan mata telanjang, semuanya adalah objek fotografi yang tidak akan ada habisnya.

  • Pengalaman Pendakian

Masak hanya dengan kompor portabel, tidur dengan hanya beralaskan matras, di kamar yang hanya berukuran dua kali dua meter, dengan penerangan lampu tenda temaram, adalah pengalaman-pengalaman pendakian yang khas. Belum lagi pengalaman trekking dengan tanjakan-tanjakannya, pengalaman menaklukkan diri sendiri ketika kaki dan pundak meminta berhenti, akan menjadi kenangan yang membuat kalian ketagihan mendaki lagi.

  • Edukasi Konservasi dan Responsible Traveller

Sembari menikmati pendakian, kalian juga bisa belajar tentang konservasi dan Responsible Traveller dari Guide-guide Jelajah Garut. Taman Wisata Alam Gunung Papandayan adalah site terbaik untuk belajar konservasi karena areanya lengkap dari mulai Taman Wisata Alam hingga Cagar Alam. Selain itu, keragaman flora dan fauna-nya pun masih lestari. Kalian bisa melihat flora khas seperti pohon-pohon Cantigi dan bunga abadi Edelweiss. Sedangkan untuk fauna liar, habitatnya berada di kawasan Cagar Alam.

[collapse]

Harga dan Fasilitas Trip

Harga dan Fasilitas Hike to Mount Papandayan

Harga Trip Camping 2D1N Hike to Mount Papandayan ini adalah mulai dari Rp560.000,- untuk minimal 5 orang peserta. Harga tersebut telah termasuk beberapa fasilitas yang telah biasa kami sediakan dalam trip Hike to Mount Papandayan 2D1N ini diantaranya:

– Basecamp untuk beristirahat sebelum pendakian (di Garut Kota),
– Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) dan Tiket masuk Taman Wisata Alam Gunung Papandayan
– Peralatan pendakian kelompok: Tenda, Matras, dan Sleeping Bag,
– Alat masak (kompor, nesting, dan gas)
– Makan 3x selama pendakian (siang, malam, dan pagi), juga buah-buahan.
– Minuman hangat (Kopi, Teh, Nutrisari, atau Susu)
– Air mineral, (Disarankan membawa tempat minum sendiri. Diisi pada saat istirahat di basecamp Jelajah Garut),
– Guide pendakian berpengalaman,
– P3K dasar,
– Dokumentasi

Fasilitas bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan peserta trip. Kita juga bisa menyediakan transportasi dari Garut Kota hingga Pos Pendaftaran Camp David Gunung Papandayan (pp). Kita juga bisa menyediakan jasa jemput dari kota asal anda.

Pesan Paket Wisata Garut Sekarang: Trekking Gunung Papandayan 1D Trip dan Paket Wisata Garut Sunrise Gunung Papandayan 1D Trip

[collapse]

Reservasi Trip

Reservasi Hike to Mount Papandayan

Untuk pertanyaan seputar trip dan Reservasi Paket Wisata Garut Hike to Mount Papandayan 2D1N hubungi Jelajah Garut di:

[collapse]

Foto-foto Trip

indahnya sunrise di Gunung Papandayan. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

indahnya sunrise di Gunung Papandayan. Foto Dokumentasi Jelajah Garut. Paket WIsata Hike to Mount Papandayan

Menikmati Hutan Mati bersama pasangan untuk pengalaman honeymoon yang tidak terlupakan. Foto dokumentasi Jelajah Garut.

Menikmati Hutan Mati bersama pasangan untuk pengalaman honeymoon yang tidak terlupakan. Foto dokumentasi Jelajah Garut. Paket WIsata Hike to Mount Papandayan

Camping di Papandayan. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut. Info Wisata Garut.

Camping di Papandayan bersama keluarga. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut. Info Wisata Garut. Paket WIsata Hike to Mount Papandayan

Pondok Saladah, Gunung Papandayan. Salah satu tempat terbaik untuk camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Pondok Saladah, Gunung Papandayan. Salah satu tempat terbaik untuk camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.Paket Wisata Hike to Mount Papandayan

Acara outing kantor di Gunung Papandayan sembari camping. Foto dokumentasi Jelajah Garut

Acara outing kantor di Gunung Papandayan sembari camping. Foto dokumentasi Jelajah Garut. Paket Wisata Hike to Mount Papandayan

Mendaki Papandayan bersama teman sekantor. Paket WIsata Hike to Mount Papandayan. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Mendaki Gunung Papandayan bersama teman sekantor. Paket WIsata Hike to Mount Papandayan. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

[collapse]

Lihat Juga Paket Wisata Garut Terlengkap dan Termurah Lainnya Melalui Tautan Ini

Pin It on Pinterest

Shares
Share This