Explore Cisompet 1D Trip

Paket Wisata Garut, Explore Cisompet 1D Trip

Cisompet adalah sebuah kecamatan di Garut Selatan yang menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Di pedalaman hutannya ada curug-curug yang cantik menunggu untuk dikunjungi (seperti Curug Dengdeng yang sulit dicapai). Beberapa yang berada tidak jauh dari pemukiman warga telah menjadi tempat main anak-anak lokal, seperti Curug Jaga Pati yang indah.

Di Paket Wisata Explore Cisompet ini, kita akan mengajak wisatawan untuk berjalan mengitari kampung dan sawah di Desa Neglasari lalu mengunjungi Curug Jaga Pati. Dalam perjalanan menuju Cisompet dari Garut Kota, kita bisa singgah dulu di Batu Tumpang, sebuah batu besar yang sering digunakan para pemanjat tebing dari Jawa Barat untuk berlatih. Kita juga bisa mendaki hingga ke puncak batu melalui jalan setapak selama 15 menit perjalanan naik. Jika cuaca cerah, dari puncak Batu Tumpang kita bisa melihat hamparan kebun teh hijau sepanjang mata memandang, juga megahnya Gunung Cikuray di arah utara dan garis Pantai Selatan Garut di arah Selatan. Selain pemandangan lansekap yang indah, Batu Tumpang juga sering dijadikan tempat beristirahat bagi para pengendara yang sedang menuju Garut Selatan.

Dari Batu Tumpang, kita akan melanjutkan satu jam perjalanan menuju Cisompet, hingga perkebunan teh Neglasari di Desa Neglasari. Spot kedua yang dikunjungi di paket ini adalah Curug Jaga Pati, yang terletak di Desa Neglasari ini. Untuk mencapai curug, kita harus menitipkan kendaraan di kampung terakhir, dan mulai berjalan kaki selama 30 menit melalui pematang sawah dan jalan tanah setapak yang menurun menuju sungai. Pastikan kalian menggunakan pakaian lapangan dan sepatu yang bisa melindungi kaki.

Di ujung jalan ini, kita bisa menyaksikan indahnya Curug Jaga Pati dan kesegaran airnya yang masih jernih karena berasal dari pegunungan yang terletak tidak jauh dari sana. Curug Jaga Pati terdiri dari beberapa undakan curug, membentuk suatu formasi yang indah dan fotogenik. Kita dapat memotret curug tampak atas dari arah kedatangan, dan juga memotret dari bawah ketika kita sampai ke kaki curug.

Untuk menghargai kepercayaan setempat, kita mengikuti larangan warga untuk tidak mengunjungi Curug Jaga Pati di hari Selasa dan hari Jum’at. Curug Jaga Pati, yang secara harfiah berarti Menjaga Kehidupan, ini memang telah menjadi penopang kehidupan masyarakat setempat. Selain untuk menghormati kepercayaan setempat, waktu larangan kunjungan juga baik untuk curug agar curug bisa “beristirahat” dari kunjungan manusia dan memulihkan diri secara alami.

Tingkat Kesulitan

Trekking di jalan setapak berbatu, menanjak dan menurun, dengan kecuraman dan kesulitan sedang.
Umur kurang dari 10 tahun harus terus didampingi orang tua.

[collapse]

What to Do

What to Do when Title Trip

  • Sightseeing

Melihat pemandangan alam yang indah di puncak Batu Tumpang. Berjalan kaki di Desa Neglasari sembari melihat suasana kehidupan desa yang tenang, pemandangan sawah, dan tentu saja melihat eksotisme Curug Jaga Pati yang tersembunyi jauh dari perkotaan.

  • Fotografi

Fotografi lansekap di puncak Batu Tumpang atau memotret keseharian warga Desa Neglasari, dan juga memotret Curug Jaga Pati yang punya keunikan bentuk undakan curug. Kalian harus bawa tripod dan datang sepagi mungkin jika ingin berlatih memotret aliran air dengan slow shutter speed agar aliran air terlihat halus.

  • Mengamati kehidupan desa di Cisompet

Mayoritas masyarakat Cisompet masih bergantung pada pertanian, perkebunan, dan hasil hutan. Keseharian penduduk desa yang jauh dari perkotaan bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk diamati dari dekat.

  • Mandi di Curug

Salah satu hadiah paling besar dari trip ini adalah menyegarkan diri di aliran Curug Jaga Pati yang masih jernih. Pastikan kalian bawa baju ganti yah. Di Curug Jaga Pati belum ada toilet (malah belum ada fasilitas apapun), tapi nanti bisa kita sediakan toilet portable.

[collapse]

Fasilitas Trip

Fasilitas Explore Cisompet

Fasilitas bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan peserta trip. Beberapa fasilitas yang telah biasa kami sediakan dalam trip “Explore Cisompet” ini diantaranya:

– Transportasi Garut Kota – Cisompet pp
– Tiket masuk ke destinasi
– Toilet portable untuk ganti baju
– Snack/Makan
– Guide
– Dokumentasi

[collapse]

Reservasi Trip

Reservasi Explore Cisompet

Untuk Reservasi Paket Wisata Garut Explore Cisompet hubungi Jelajah Garut di:

[collapse]

Foto-foto Trip

Teh Safa dan Kang Dag dari Norwegia di Curug Jaga Pati (Paket Wisata Garut, Explore Cisompet)

Teh Safa dan Kang Dag dari Norwegia di Curug Jaga Pati (Paket Wisata Garut, Explore Cisompet)

Curug Jaga Pati yang unik. (Paket Wisata Garut, Explore Cisompet)

Curug Jaga Pati yang unik. (Paket Wisata Garut, Explore Cisompet)

[collapse]

Lihat Juga Paket Wisata Garut Lainnya Melalui Tautan Ini

Pin It on Pinterest

Shares
Share This