Memperingati Hari Kopi Internasional 2017

 

Setiap ada yang bilang “Ngopi Yuukk”, apa yang akan kamu pikirkan?. Tempat nongkrong asik, minuman yang harganya selangit di tempat ngopi kota-kota besar? Atau minuman bapak-bapak? Bergadang, hingga mengenal kopi itu minumannya para IT yang siap tempur di depan laptop semalaman?  Bahkan tidak jarang asumsi nya jika minum kopi berhubungan sama, hedon alias hanya ‘gegayaan’ aja minum secangkir kopi dan nongkrong di kedai yang cozy abis sekalian cari wifi gratisan.

Tetapi apapun persepsinya tentang kopi, tahu gak sih kalau bulan September dan Oktober di Indonesia merayakan Hari Kopi Internasional 2017 ?. Walaupun berbeda tetapi tetap sama spirit kebersamaannya dan yang berbeda-beda harusnya ide-ide kreatif kita setelah minum kopi.

Hari Kopi Internasional 2017 di Lampung 29-30 September

 

Ada sejumlah penggiat kopi dari 8 Negara akan Memperingati Hari Kopi Internasional 2017 di Lampung. Berlokasi di Kebun percontohan (Edufarm) PT Nestle di Desa Sukarame, Talangpadang Lampung, acara tersebut akan dilangsungkan peringatan Hari Kopi Internasional. Adapun Negara tersebut adalah Thailand, Brunei, Vietnam, SIngapura, dan empat Negara Eropa.

Event yang digelar pada tanggal 30 september ini dihadiri dari 130 orang yang terdiri dari buyer dalam dan luar negeri, duta besar Negara sahabat, 16 provinsi penghasil kopi, asosiasi eksportir kopi, petani kopi, dan akademisi.

Misi lainnya dengan acara tersebut adalah, memberikan pengetahuan dan teknik budidaya kopi yang mutakhir dan sesuai dengan standard internasional kepada para petani kopi. Sedangkan PT Nestle memberikan bantuan bibit sebanyak 60 ribu bibit kopi dengan target dapat menghasilkan 1 ton per-hektar. Sebelumnya PT Nestle berinvestasi bibit kopi kepada petani selama periode 2012-2016 sebanyak 3,5 juta pohon kopi kepada binaan PT Nestle.

Ada acara menarik lainnya selain turun langsung ke kebun kopi di Lampung. Ada pengalaman seperti talkshow, tour the coffee knowledge berupa wisata kebun kopi, kejuaraan Barista Nasional 2017 berupa manual brewing, coffee cup testing robusta dan latte art. Peserta yang akan meramaikan bersal dari 60 peserta barista Internasional maupun dalam Negeri seperti Yogyakarta, Medan, Sulawesi Barat, Jakarta dan tentunya Lampung juga ikut meramaikan acara Hari Kopi Internasional 2017 tersebut.

 

Hari Kopi Internasional 2017 di Garut 1 Oktober

Di Kota Garut sendiri terdapat berbagai rangkaian acara Memperingati Hari Kopi Internasional 2017 di Garut yang diadakan oleh berbagai komunitas maupun kedai kopi di Garut. Walaupun berbeda tanggal dengan acara Hari Kopi Internasional 2017 di Lampung, semangatnya tetap sama terhadap kopi itu sendiri.

Sebagai informasi kamu. Acara Hari Kopi Internasional di Garut diadakan oleh komunitas dan kedai kopi di Garut akan dilaksanakan pada tanggal 1 Oktober 2017 bertujuan untuk merayakan dan mengapresiasi Kopi Indonesia Bersama Pelaku dan Penikmat Kopi di Garut.

Ngopi Pagi maupun Ngopi Sore sembari ikut serta merayakan Hari Kopi Internasional 2017 di Garut bisa kamu dapatkan. Karena kita beruntung kepedulian para komunitas dan kedai kopi di Garut terhadap apresiasi kopi Garut semakin tumbuh. Bagi kamu yang ingin menikmati seduhan kopi dari barista kopi di Garut, yuk datang dan ramaikan acaranya.

Acara pertama “Ngopi di Pagi Hari” akan bertepatan dengan kegiatan Car Free Day di Garut Jl. Jendral Ahmad Yani. Tepatnya di depan Toko Merchendise Jelajah Garut. Untuk kamu yang mau minum kopi pagi hingga siang disini, bisa banget dengan ‘bayar seikhlasnya’.

Acara kedua “Ngopi di Sore Hari” akan dilaksanakan mulai dari jam 15.00 WIB di Jl. Jend. A. Yani Kota Garut. Tepatnya di depan SMP 2 Garut. Untuk kamu yang mau minum kopi sore hingga malam disini, bisa banget dengan ‘bayar pakai doa’.

 

Selamat Hari Kopi Internasional

Selamat Hari Kopi Internasional

Apresiasi Terhadap Kopi Garut

Kedua acara tersebut bertujuan satu yaitu, untuk mengedukasi masyarakat sekaligus mengapresiasi kopi di Garut. Bertepatan dengan Merayakan Hari Kopi Internasional 2017 maka dirasa waktu yang tepat untuk dilakukan. Masyarakat di Garut juga semoga juga ikut bangga dengan potensi yang ada.

Walaupun terdapat perbedaan pendapat maupun cara tentang polemik perpolitikan kopi. Bagi para penikmat kopi adalah, kopi tersebut harus dihargai karena Tuhan telah menumbuhkan tanaman kopi yang bagus. Para petani perlu mendapat apresiasi yang lebih tinggi daripada roaster, barista, maupun kedai kopi itu sendiri karena sudah rela untuk mau petik merah dan perlu lebih sejahtera lagi.

Hingga pada akhirnya semua pihak dari hulu hingga hilir harus sama-sama jujur, saling memberikan apresiasi yang tinggi dan positif satu sama lainnya. Agar tercipta kreatifitas dan pelayanan penuh terhadap siapapun yang minum kopi. Jangan jadikan kopi sebagai penyebab perselisihan, karena kasihan si kopi yang tidak bisa berfikir dibandingkan dengan ‘si manusia’ yang katanya adalah mahkluk yang bisa berfikir.

 

“Hingga pada akhirnya semua pihak dari hulu hingga hilir harus sama-sama jujur saling memberikan apresiasi yang tinggi dan positif satu sama lainnya.”

 

Kamu harus tahu. Bahwa beberapa barista kopi dari kedai-kedai kopi di Garut akan “turun ke jalan”(bukan demo loh yaa). Tujuannya para barista ini turun ke jalan adalah untuk menyebarluaskan edukasi kopi kepada masyarakat pada hari minggu dan bertepatan dengan Hari Kopi Internasional 2017.

Untuk kamu yang ingin mencari tahu lebih banyak tentang perayaan Hari Kopi Internasional 2017 di Garut, yuk datang dan nikmati kopi yang ada di lokasi dan waktu yang berbeda tersebut. Ingat yaa, Pagi hari sampai dengan siang hari ada di depan Toko Merchendise Jelajah Garut. Untuk Sore sampai dengan malam hari ada di depan SMP 2 Garut Jalan Jenderal A. Yani Garut.

Buktikan kalau kamu penyuka kopi Indonesia, datang dan coba kopi Indonesia salah satunya adalah Kopi Garut !.

 

 

Sumber:

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This