Explore Kamojang 1D Trip

Kamojang adalah sebuah daerah di Garut bagian barat. Daerah ini adalah perbatasan antara Garut dan Kabupaten Bandung. Akses menuju Kamojang sendiri lebih mudah dicapai dari Garut, dibandingkan jika Anda berangkat dari Bandung.

Daerah ini merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Hutannya yang masih rapat dan asri adalah habitat untuk beragam flora dan fauna. Panas bumi-nya tak pernah berhenti memberi kita manfaat sejak pembangkit listrik Geothermal modern pertama di Indonesia, Pertamina Geothermal Energy (PGE), berdiri di sini pada tahun 1974.

Kamojang merupakan sebuah gunung berapi aktif, ditandai dengan adanya kawah-kawah yang mengeluarkan uap panas dari perut bumi. Di kawasan Kamojang sendiri terdapat belasan kawah, diantaranya Kawah Hujan, Kawah Kereta Api, serta Kawah Kamojang sendiri. Kawah Hujan tak henti menyemburkan uap air ke udara, membuat orang yang mengunjunginya serasa berada di sauna terbuka. Kawah Kereta Api tak henti memekikkan telinga dengan suaranya yang mirip dengan lokomotif Kereta Api.

Terletak di ketinggian, di punggung Gunung Guntur, suasana Kamojang menjadi sangat sejuk. Tanahnya pun subur; dari pepohonan besar hingga bunga-bungaan, semuanya tumbuh dengan baik di bumi Kamojang. Karena itu pula di sini berdiri sebuah resort khas yang menawarkan keindahan sebuah taman bunga dengan luas sekitar 5 hektar, yaitu Kebun Mawar Situhapa. Keindahan bunga Cana, Azalea, Begonia, hingga Tanaman Air juga ada di sini.

Selain bunga, Kamojang pun jadi rumah bagi para Elang Jawa yang kini terancam punah. Lansekap hutan dan iklim yang sehat membuat Kamojang menjadi lokasi yang cocok untuk habitat Elang, dan memang sudah menjadi tempat persinggahan migrasi burung-burung. Oleh karena itu, PGE bersama berbagai LSM lingkungan menginisiasi pergerakan penyelamatan Elang. Kini National Geographic Indonesia pun menyebut Kamojang sebagai “Surga Baru Penyelamatan Elang di Indonesia.

Jelajah Garut Explore Kamojang

Jelajah Garut Explore Kamojang

***

Mari kita nikmati panorama alam Kamojang, keindahan taman mawarnya, kemegahan lansekap hijaunya. Mari kita pelajari bagaimana alam Kamojang memberi manfaat bagi kita; tidak hanya daya, tapi juga nilai pariwisatanya. Mari kita pelajari, bagaimana sebagian dari kita berusaha menyelamatkan Elang Jawa, yang sering kita identikkan dengan Garuda lambang kebesaran Indonesia, dari kepunahan.

Bergabunglah bersama kami di Jelajah Garut, Explore Kamojang, Natural Wonder of Pangirutan.

 

Pin It on Pinterest