Explore Garut Utara - 1D Trip

Graha Liman Kencana, Explore Garut Utara

Garut Utara memiliki keunikan-keunikannya tersendiri. Kaya akan sejarah, membuat daerah ini juga kaya akan produk budaya. Daerah Limbangan yang menjadi cikal bakal kota Garut, Candi Cangkuang dan Kampung Pulo nya yang penuh dengan kearifan lokal, hingga Stasiun Cibatu yang pernah disinggahi Charlie Chaplin, semua terdapat di Garut bagian utara.

Pun juga produk-produk budaya masyarakat nya yang kaya melengkapi khazanah ragam budaya Indonesia. Dari mulai kesenian, hingga kuliner khas nan unik terlahir di daerah ini. Kesenian Lais yang menuntut keterampilan tinggi, hingga penganan-penganan khas seperti ladu dan burayot juga jadi ikon daerah Garut Utara.

Tak pelak bahkan seorang kolektor pun mendirikan sebuah situs unik di sini untuk memamerkan koleksi-koleksi pusaka yang tak ternilai harganya; Graha Liman Kencana yang lebih terkenal oleh masyarakat sekitar dengan nama Kampung Bali. Dari mulai benda pusaka zaman kerajaan dulu, hingga benda sejarah kontemporer dari era kolonialisme dipamerkan di sini. Arsitektur bangunannya yang khas juga jadi keunikannya tersendiri.

Di kecamatan yang lain, alih-alih situs sejarah, dibangun sebuah Taman Satwa untuk wisata keluarga. Kebun binatang mini ini diberi nama Taman Satwa Cikembulan, sesuai dengan tempat berdirinya tempat ini, yaitu di daerah Cikembulan, kecamatan Kadungora. Di area seluas 5 ha ini terdapat beragam spesies burung, mamalia, reptilia, dan primata. Konsepnya juga sangat menarik untuk wisata keluarga karena dilengkapi dengan berbagai wahana, seperti saung-saung untuk sekedar berteduh atau makan bersama, area kolam pemancingan, fasilitas bermain anak, kuda poni , ATV road, bebek-bebek air, dan banyak lagi.

Di ujung timur Garut Utara, terdapat rangkaian pegunungan dari mulai Gunung Sadakeling,  Gunung Sadahurip yang menyerupai piramida, serta Gunung Talaga Bodas dengan kawah Talaga Bodas nya yang eksotis. Untuk para pecinta kegiatan alam bebas, daerah ini adalah surga yang masih tersembunyi dengan baik. Area off-road, mountain bike, jalur hiking, sudah banyak tersedia, namun hanya beberapa saja yang mengetahuinya.

Masih banyak kekayaan alam dan budaya Garut Utara yang masih tersimpan rapi. Gunung Kareumbi yang bisa menjadi tempat kita belajar konservasi, Curug Cimandi Racun dan Curug Kancil yang masih menunggu untuk disinggahi, dan berbagai kesenian yang sangat membutuhkan kita agar bisa tetap lestari.

***

Memang, Garut Utara adalah wilayah yang kaya. Tidak akan bisa di eksplore hanya dengan satu hari saja. Jadi ayo kita mulai dengan mempelajari nilai-nilai sejarah kita di Graha Liman Kencana. Lalu kita melaju ke timur untuk mengunjungi megahnya Kawah Talagabodas, untuk mendekat pada Sang Pencipta. Atau kita melaju ke Barat dan menemui satu-satunya Candi Hindu di Jawa Barat, Candi Cangkuang, dan bersantai di Taman Satwa Cikembulan sembari melihat ragam fauna Indonesia.

Bergabunglah bersama kami di Jelajah Garut, Explore Garut Utara, Discover the Treasure of the North Side.

Pin It on Pinterest

Shares
Share This