Mahalnya Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan

Banyak pendaki rela naik angkutan umum, makan seadanya, atau bermalam di emperan jalan demi menekan anggaran biaya. Dengan naiknya harga tiket masuk Gunung Papandayan, besar kemungkinan para pendaki akan mengalihkan tujuannya ke destinasi yang lain.

Setelah menjadi isu perdebatan hangat dalam beberapa bulan kebelakang, akhirnya kenaikan harga tiket masuk Gunung Papandayan kini mulai diberlakukan per 5 Juli 2016. Kenaikan harga tiket masuk Taman Wisata Alam (TWA) paling favorit di Garut ini adalah imbas dari alih kelola Gunung Papandayan dari pemerintah, melalui Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) kepada pihak swasta, yaitu PT Asri Indah Lestari (AIL).

Kenaikan harga ini mendapat respon negatif, terutama dari kalangan para pendaki. Pasalnya, mereka kini harus membayar dua jenis tarif, yaitu tarif pengunjung dan tarif camping, untuk bisa berkemah semalam di Gunung Papandayan. Di hari libur, para pendaki harus merogoh kocek mereka sebesar 65 ribu rupiah per orang (30 ribu rupiah untuk tiket masuk dan 35 ribu rupiah untuk tiket berkemah). Harga itu belum termasuk tarif masuk kendaraan, tarif parkir kendaraan, dan tarif pemandu. Pendaki yang membawa kendaraan roda dua saja harus menambah 17 ribu rupiah untuk biaya masuk kendaraan dan 15 ribu rupiah untuk parkir, sehingga total harus membayar 97 ribu rupiah.

Sumber : Facebook Yusup Abdurrasyid

Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan; Sumber : Facebook Yusup Abdurrasyid

Beberapa pendaki bahkan terlihat kembali turun, membatalkan pendakian mereka ke Gunung Papandayan, setelah melihat harga tiket yang kian mahal di hari libur lebaran Sabtu kemarin (09/06). Mereka lebih memilih mengalihkan destinasi pendakian ke Gunung Cikuray atau Gunung Guntur yang masih relatif terjangkau.

Berita kenaikan harga tiket masuk Gunung Papandayan sudah lama menjadi perbincangan, baik dikalangan para pendaki maupun para pelaku usaha di sekitar Papandayan. Umumnya, para pelaku usaha khawatir kenaikan tarif masuk Gunung Papandayan ini akan berimbas pada menurunnya jumlah pengunjung secara signifikan. Kenaikan harga ini juga membebani para penyedia jasa pendakian Gunung Papandayan, terutama yang telah mempunyai agenda pendakian dari jauh hari sebelum kenaikan harga ini diresmikan.

Sementara bagi para pendaki, tentu kenaikan ini bisa berarti hilangnya salah satu alternatif spot pendakian favorit mereka di Jawa Barat akibat tingginya biaya yang harus dikeluarkan. Memang bagi banyak pendaki, anggaran naik gunung adalah salah satu masalah utama yang harus dipecahkan. Banyak pendaki rela naik angkutan umum, makan seadanya, atau bermalam di emperan jalan demi menekan anggaran biaya. Dengan naiknya harga tiket masuk Obyek Wisata Gunung Papandayan, besar kemungkinan para pendaki akan mengalihkan tujuannya ke destinasi yang lain.

PT AIL sendiri kini terlihat terus membenahi infrastruktur TWA Gunung Papandayan dengan menyediakan lahan parkir yang luas dan beberapa fasilitas umum lainnya. Sementara untuk Jasa Transportasi, Jasa Perjalanan Wisata, Jasa Pemandu, dan Jasa Pusat Informasi kini dikelola oleh masyarakat sekitar yang tergabung ke dalam Koperasi Papandayan.

“Nanti Gunung Papandayan hanya bisa dinikmati orang kaya saja, sementara para pendaki seperti kami harus tersisih.”, ujar salah seorang Netizen. “Semoga Gunung yang lain tidak ikut dialih-kelolakan.”

***

Nah, Travelmate, gimana reaksi kalian terhadap kenaikan harga tiket masuk TWA Gunung Papandayan ini? Kami ingin mendengar aspirasi kalian dan menyalurkannya kepada pihak-pihak terkait. Berikan aspirasi kalian melalui semua akun media sosial kami atau tuliskan aspirasi kalian pada kolom komentar di bawah.

Buat kalian yang ingin menyampaikan secara langsung atau bertanya seputar pengelolaan TWA Gunung Papandayan, silahkan hubungi kontak resmi PT AIL di bawah ini :

PT. Asri Indah Lestari

Desa Sirnajaya & Desa Keramat Wangi,
Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut,
serta
Desa Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Call Center : 082120052011
Phone :
(0262) 2810036 / 2810034
Email    : twa.papandayan.ail@gmail.com
Facebook : twapapandayan

Oh ya, buat kalian yang ingin berkemah dengan murah, jangan khawatir Travelmate, Garut bukan cuma Papandayan, masih banyak spot camping ground lainnya yang tidak kalah menarik. Kalian bisa mulai melirik camping ground yang unik lain di Garut, seperti di Gunung Talagabodas, Karacak Valley, di sekitar Situ Cibeureum atau Kawah Kamojang, di bibir pantai di Garut Selatan, dan banyak lagi.

***

Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan

Harga Tiket Masuk Gunung Papandayan

Adapun rincian kenaikan harga tiket masuk Gunung Papandayan adalah sebagai berikut :

Tiket Masuk TWA Papandayan pada Hari Biasa
No Jenis Tiket Tarif Jasa
Wisata
Tarif PNBP
PP.12/
 2014
Tarif Jasa Wisata +
PNBP 2014
1.  Pengunjung Nusantara 15.000 5.000 20.000
 Kendaraan Roda 2 7.000 5.000 12.000
 Kendaraan Roda 4 15.000 10.000 25.000
 Kendaraan Roda 6 60.000 50.000 110.000
 Sepeda 5.000 2.000 7.000
 Rombongan Pelajar 15.000 3.000 18.000
2.  Pengunjung Mancanegara 100.000 100.000 200.000
 Kendaraan Roda 2 7.000 5.000 12.000
 Kendaraan Roda 4 15.000 10.000 25.000
 Kendaraan Roda 6 60.000 50.000 110.000
 Sepeda 5.000 2.000 7.000
 Rombongan Pelajar 100.000 100.000 200.000

 

Tiket Masuk TWA Papandayan pada Hari Libur
No Jenis Tiket Tarif Jasa

Wisata

Tarif PNBP

PP.12/ 2014

Tarif Jasa Wisata +
PNBP 2014
1. Pengunjung Nusantara 22.500 7.500 30.000
Kendaraan Roda 2 9.500 7.500 17.000
Kendaraan Roda 4 20.000 15.000 35.000
Kendaraan Roda 6 75.000 75.000 150.000
Sepeda 7.000 3.000 10.000
Rombongan Pelajar 15.000 4.500 19.500
2. Pengunjung Mancanegara 150.000 150.000 300.000
Kendaraan Roda 2 9.500 7.500 17.000
Kendaraan Roda 4 20.000 15.000 35.000
Kendaraan Roda 6 75.000 75.000 150.000
Sepeda 7.000 3.000 10.000
Rombongan Pelajar 150.000 150.000 300.000
         

 

Tarif Lain-lain
No. Jenis Tiket Tarif Jasa

Wisata

Tarif

PNBP PP.12/ 2014

Tarif Jasa Wisata +
PNBP 2014
1. Camping 30.000 5.000 35.000
2. Camping Rombongan Pelajar 20.000 2.500 22.500
3. Shooting 2.500.000 350.000 2.850.000
4. Foto Prewedding 1.500.000 200.000 1.700.000
5. Umbul-umbul (per tiang) 100.000 10.000 110.000
6. Jasa Stand (max 4 x 4) 500.000 50.000 550.000

 

Tarif masuk pengunjung hari biasa dapat dilihat pada tabel pertama, dan tarif masuk pengunjung pada hari libur ada di tabel kedua. Sementara tarif lain-lain di tabel ketiga menjadi beban pengunjung sesuai kegiatan, dengan tetap harus membayar tarif masuk pengunjung.

 

JG Official Merchandise | JG Outdoor Gear Rent | JG Tour and Travel Organizer | JG Tourism Information

  1. Maaf mau tanya , untuk tiket masuk peorangan berlaku perhari ? apabila camping 3 hari apa hanya membayar tiket masuk 1x dengan tiket camping 1x ? atau membayar tiket masuk serta camping 3x ?
    hatur nuhun

  2. Hari libur tgl 28 Maret 2017 kami ke gunung Papandayan walah terkaget kaget dengan harga tiket yang mahal per orang Rp. 30.000 (kami berdua) jadi Rp. 60.000 terus kendaraan juga harus bayar Rp. 35.000 jalan sedikit di minta lagi bayaran untuk parkir dan jasa titip mobil Rp.10.000 apa ga kemahalan ?
    Memang jadi lebih bersih tapi jadi sepi menurut para pedagang di sana.
    Wah sayang ya kalo begini caranya.
    Pedagang pun mengeluh sepi pembeli karena yang datang makin sedikit dan kalaupun dari yang sedikit itu juga jarang belanja karena sudah habis buat beli tiket
    Moga moga pemerintah daerah turut memikirkan ya solusi nya agar kekayaan alam tidak hanya dinikmati oleh segelintir orang yang punya uang saja
    Tapi dapat di nikmati banyak orang

  3. Eudan….!!!’😨
    Rencana agustus 17 nanti gue mau tour bareng temen ke sana. Kayaknya ga jadi. Gila tuh karcisnya. 20 + parkir juga udah cukup. Lah itu ampe 77 ribu untuk roda 2 belum lagi di jalan para preman minta jatah parkir. 😲 .

  4. Syafrizal says:

    Gunungnya orang kaya bukan buat pemula lagi kayaknya. Mahal banget itu karcis.

  5. Menurut gw dengan harga segitu masih wajar lah. Begitu loe udah sampe atas duit 100rebu gak ada bandingan nya ama keindahan alam gunung papandayan. Moga aja dengan harga mahal alam di gunung papandayan jadi terpelihara.

  6. Gila bener yah tarif nya.
    Jadi skr kalo mau ke camping ke papandayan berdua pake motor (1hari):
    Tiket masuk 30×2 : 60rb
    Tiket camping 35×2 : 70rb
    Masuk Motor :17rb
    Parkir Motor : 10rb
    TOTAL : 157rb
    Itu hanya 1 hari doang…

    Mmhhh,,,,, pikir-pikir lagi daaah..
    Bukan gak sanggup bayar, tapi lihat tarif seperti itu jadi mual.

    • Padahal pengen banget naik Papandayan, Tp Melihat tarif y g Jdi Dhe Balik Ke Gunung Gede ajj, Mahal Amat Sampai2 Tiket Camping Ajj di Bayar???
      Gila.

  7. Mega Akhreka Nosavitri says:

    Mohon infonya donk..
    Biaya foto Prawedding di gunung Papandayan terbaru brapa skrg?

  8. Gila beh, mahal amat, ke gunung IJEN yang terkenal di seluruh dunia aja hanya Rp. 7500. itupun tarif motor cuman 2000 perak
    asli pemerasan itu pemerintah garut, kalo gw sih ga sudi buang uang ratusan ribu buat cuman tiket masuk + parkir + camping aja pake bayar.

Leave a Reply to Lien Cancel Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This