Jika hotel dan penginapan terlalu mahal, kalian bisa mencoba berkemah saja. Di artikel ini, kita uraikan tempat-tempat terbaik untuk camping di Garut.

Camping atau berkemah bisa jadi opsi yang menarik untuk berwisata di Garut, terutama buat para muda mudi yang tidak keberatan dengan tidur beralaskan matras dan sleeping bag, ditemani angin malam dan langit berbintang; atau juga camping keluarga sambil mendekatkan anak dengan alam. Banyak sekali tempat yang bisa digunakan untuk Camping di Garut. Beberapa yang paling enak untuk dijadikan spot camping akan kita uraikan di artikel ini.

Camping di Garut

Camping menjadi pilihan favorit karena bisa menekan biaya akomodasi yang biasanya membuat anggaran liburan menjadi membengkak. Untuk mendapatkan tenda di Garut pun kini bukan lagi suatu yang sulit, ada Jelajah Garut Outdoor Gear Rental yang siap menyediakan kebutuhan perkemahan kalian di Garut, dari mulai tenda, tas carrier, kompor portabel, nesting, dan alat-alat lainnya. Harga sewa tenda pun bisa hingga puluhan kali lebih murah dari harga kamar hotel, padahal tenda bisa dihuni hingga 4 sampai 6 orang.

Terlebih pemandangan yang bisa didapatkan ketika Camping di Garut biasanya juga merupakan pemandangan yang tidak bisa didapatkan di tempat lain. Contohnya adalah pemandangan sunrise di atas Gunung yang dapat diperoleh sebagai bonus acara Camping di Garut; juga pemandangan sunset di pantai Selatan Garut yang juga sangat cantik dilihat dari dalam tenda. Pemandangan malam juga tidak jarang menyediakan dekorasi alam dan langit yang luar biasa.

Nah, berikut kita uraikan beberapa tempat yang bisa digunakan untuk camping di Garut.

List Camping Ground di Garut

Kita uraikan camping ground ini sesuai lokasinya, kemudian kita uraikan juga perkiraan kapasitas tenda yang dapat dimuat, daya tarik yang ditawarkan, harga tiket masuknya jika ada, serta informasi lain yang berguna. Mari jelajahi camping ground terfavorit di Garut ini.

Camping Ground di Garut Utara

Kawah Talaga Bodas
Kawah Talaga Bodas
Berkemah di sekitar Kawah Talaga Bodas. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Berkemah di sekitar Kawah Talaga Bodas. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: di hari libur tiket masuk Rp9.500,- plus Rp7.500,- untuk camping per orang. Di hari biasa, harga tiket masuk Rp7.000,- (per 2017)
  • Daya Tarik: Kawah Vulkanik berwarna putih dikelilingi hutan belantara.
  • Akses: Dari Terminal Guntur, naik angkot Sukawening hingga Alun-alun Wanaraja, lalu lanjutkan dengan ojek hingga masuk TWA Talagabodas.

Kawah Talaga Bodas memiliki area datar berumput yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Kalian bisa mendirikan tenda disekitar kawah, namun lebih baik jika kalian memilih tempat yang agak jauh dari bibir kawah untuk menghindari paparan gas belerang dari kawah. Area ini bisa menampung hingga puluhan tenda.

Suasana Talaga Bodas yang masih tidak terlalu ramai bisa menjadi penawar tersendiri bagi kalian yang menginginkan suasana tenang dan damai. Di malam hari, suasana alam yang jauh dari keramaian akan semakin menjadi. Akan lebih baik jika kalian berkemah dalam grup yang tidak terlalu kecil agar suasana hutan yang dingin dapat diimbangi dengan kehangatan pertemanan kalian. Di malam-malam yang sepi, kawasan ini bisa berubah menjadi agak menyeramkan lho!

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Kawah Talaga Bodas di Sini
Tautan Paket Wisata: Paket Wisata Explore Garut Utara

[collapse]

Taman Buru Masigit Kareumbi

Taman Buru Masigit Kareumbi
Rumah Pohon di Taman Buru Gunung Masigit - Kareumbi (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Gunung Kareumbi, Study Tour, Camping di Garut)

Rumah Pohon di Taman Buru Gunung Masigit – Kareumbi (Paket Wisata Garut, Wisata Edukasi Gunung Kareumbi, Study Tour, Camping di Garut)

  • Harga Tiket Masuk: Rp12.500,- per orang (per 2017)
  • Daya Tarik: Suasana hutan, rumah pohon, rute trekking, penangkaran rusa,
  • Akses: Sebelum mencapai Garut dari arah Bandung, turun di Jalan Baru Cicalengka, di Jalan menuju Curug Cinulang, dari sana lanjut dengan ojek (melewati Curug Cinulang juga lokasinya).

Kawasan konservasi yang kini dikelola oleh Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri ini memiliki beberapa area camping ground berumput yang luas dan nyaman. Tidak jarang, area camping ground Gunung Kareumbi ini digunakan untuk acara-acara besar, seperti karya wisata sekolah/kampus, gathering komunitas, ataupun outing kantor dengan konsep kembali ke alam.

Tidak hanya itu, kawasan ini juga memiliki fasilitas yang lengkap, dari mulai akomodasi untuk menginap seperti rumah pohon, wisma, dan aula, parkiran yang luas, ruangan pelatihan, toilet dan mushalla, jungle track, bike park, serta fasilitas lainnya. Tidak aneh, jika kawasan ini menjadi salah satu camping ground favorit, khususnya bagi warga Kabupaten Bandung yang letaknya lebih dekat ke kawasan ini.

Tautan Artikel: Baca info lengkap tentang Taman Buru Masigit Kareumbi di Sini
Tautan Paket Wisata: Wisata Edukasi Konservasi Gunung Kareumbi

[collapse]

***

Camping Ground di Sekitar Kota Garut

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

 

Pondok Saladah, Gunung Papandayan. Salah satu tempat terbaik untuk camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Pondok Saladah, Gunung Papandayan. Salah satu tempat terbaik untuk camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: tiket masuk di hari libur Rp30.000,- ditambah Rp35.000,- per orang untuk tiket camping. (baca selengkapnya tentang tiket masuk Papandayan)
  • Daya Tarik: Kawah Papandayan, Hutan Mati, Edelweiss, Sunrise, dan suasana Gunung.
  • Akses: Dari Terminal Guntur, naik angkot Cikajang hingga Alun-alun Cisurupan, lalu lanjutkan dengan ojek.

Tidak perlu diragukan, Papandayan adalah tempat terbaik untuk camping di Garut, dengan daya tarik panorama alam paling indah di Jawa Barat. Gunung Papandayan dulu bisa memuat hingga ribuan pendaki per harinya. Memang, Papandayan memiliki beberapa area camping ground luas yang masing-masing memiliki pengunjung setianya. Ada camping ground Pondok Saladah yang cukup dekat dengan Hutan Mati, ada camping ground Ghober Hut (Lawang Angin) yang sangat strategis untuk melihat sunrise, dan ada juga camping ground di Camp David untuk kalian yang ingin memulai pendakian di pagi hari.

Walaupun kini Papandayan tidak lagi seramai dulu, namun keindahannya masih tetap terjaga. Malah kini, berbagai fasilitas terus bertambah, seperti toilet-toilet umum, saung-saung untuk beristirahat, dan petugas-petugas yang siap sedia membantu. Memang, semakin ke sini, Papandayan beralih dari destinasi wisata pendakian, yang notabene merupakan wisata minat khusus, menjadi destinasi wisata umum yang bisa diakses lebih banyak wisatawan. Walaupun demikian, ongkos yang relatif mahal, membuatnya lebih menjadi destinasi wisata eksklusif.

Terlepas dari semua hal itu, Papandayan masih tetap merupakan area berkemah terbaik di Garut.

Camping di Papandayan. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut. Info Wisata Garut.

Camping di Papandayan. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut. Info Wisata Garut.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Gunung Papandayan di Sini ||| Artikel tentang tiket masuk TWA Papandayan, baca di sini.
Tautan Paket Wisata: Trekking Papandayan 1D Trip ||| Hike to Mt Papandayan 2D1N Trip

[collapse]

Gunung Guntur

Pos 3 Gunung Guntur
Garut City Light dari Pos 3 Gunung Guntur. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Garut City Light dari Pos 3 Gunung Guntur. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: Rp12.500,- per orang (per 2017)
  • Daya Tarik: Pemandangan lansekap Garut, Curug Citiis, Trek menantang
  • Akses: Sebelum mencapai Terminal Guntur dari arah Bandung/Jakarta, turun di Pom Bensin Tanjung, lalu lanjutkan dengan ojek atau pick up.

Pos 3 Gunung Guntur adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat atraksi Garut City Light di malam hari. Area di sini sebetulnya tidak memberi banyak opsi tempat yang datar. Bahkan tanah di tempat ini juga cukup keras dan menyulitkan pendaki untuk menancapkan pasak-pasak tendanya. Namun demikian, ternyata para pendaki tetap memenuhinya dari minggu ke minggu. Setiap minggunya, area pos 3 ini dapat menampung hingga puluhan tenda, terutama sejak terbitnya anjuran untuk tidak berkemah di puncak Gunung Guntur.

Memang, daya tarik untuk melihat atraksi lampu-lampu malam kota Garut dan kebutuhan untuk mendaki puncak Guntur sejak pagi, membuat pos 3 Gunung Guntur ini menjadi tempat favorit bagi pendaki untuk membuka tenda. Terlebih lokasinya juga dekat dengan aliran air Citiis yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air para pendaki. Di pos 3 juga ada pos volunteer yang bisa membantu kalian jika kalian mendapatkan masalah.

Nah, perlu diwaspadai, walaupun sudah ada volunteer yang berjaga, di area perkemahan ini sering terjadi aksi pencurian. Pencuri ini tidak ragu untuk menyayat tenda kalian dan mengambil apapun yang bisa mereka ambil. Penjagaan maksimal perlu dilakukan, jika perlu lakukan patroli bergantian.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Gunung Guntur di Sini.
Tautan Paket Wisata: Hike to Mt Guntur 2D1N Trip

[collapse]

Gunung Cikuray

Gunung Cikuray
Camping di Cikuray. Camping di Garut. Jelajah Garut Outdoor Gear Rental. Rental Alat Camping Terlengkap di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Camping di Cikuray. Camping di Garut. Jelajah Garut Outdoor Gear Rental. Rental Alat Camping Terlengkap di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: Rp25.000,- per orang (per 2017)
  • Daya Tarik: Suasana hutan dan gunung, view 360 derajat dari titik tertinggi Garut!
  • Akses: ke Pos Pemancar, dari Terminal Guntur naik pick up langsung ke Pemancar. Jika tidak ada pick up, bisa naik angkot Cilawu hingga pangkalan ojek Cigarungsang, lalu lanjutkan dengan ojek atau pick up.

Sebagai gunung tertinggi di Garut, area puncak Gunung Cikuray mungkin menawarkan spot pandang lansekap terbaik di Garut. Di sekitar area ini juga biasanya pendaki mendirikan tendanya. Selain di area puncak, pendaki juga sering mendirikan tenda di pos sebelumnya, seperti di pos 6 dan pos 7, terutama jika stamina pendaki sudah terkuras atau hari sudah menjelang malam dan grup tidak bisa meneruskan pendakian.

Area camping ground di sekitar jalur pendakian Gunung Cikuray sebenarnya tidak terlalu banyak. Jika pendaki sedang banyak-banyaknya, seringkali banyak grup pendaki yang kesulitan menemukan tempat untuk mendirikan tenda. Jika sedang dipadati pendaki, bahkan area puncak, pos 7, dan pos 6 dapat habis terpenuhi, sehingga pendaki harus mencari alternatif lain, antara turun ke pos sebelumnya, atau mencari luasan terdekat yang bisa ditemukan di sepanjang jalur.

Satu lagi, jika kalian mendirikan tenda di sekitar pos 6 atau pos 7, pastikan kalian menggantung makanan kalian di atas pohon, dan tidak menyimpan logistik di dalam tenda. Seringkali ada babi hutan yang berani menerobos tenda untuk mendapatkan makanan.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Gunung Cikuray di Sini.
Tautan Paket Wisata : Hike to Mt Cikuray 2D1N Trip

[collapse]

Karacak Valley

Karacak Valley
Karacak Valley. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut

Karacak Valley. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000,- (per 2017)
  • Daya Tarik: hutan pinus, pemandangan Garut, air terjun kecil Curug Ngebul.
  • Akses: Dari Terminal Guntur, naik angkot jurusan Sukadana hingga gapura Margawati, lanjutkan dengan ojek hingga ujung jalan, lalu lanjutkan dengan jalan kaki 10-15 menit.

Jika kalian ingin berkemah di tempat yang tidak terlalu jauh dari Garut Kota, maka Karacak Valley adalah salah satu opsi terbaik. Letaknya yang dekat dengan kota memang menjadi keunggulan tersendiri bagi Karacak Valley. Tempat yang sejatinya berada di bawah pengelolaan Perum Perhutani ini disulap oleh warga sekitar menjadi area perkemahan dengan daya tarik tersendiri.

Selain letaknya yang relatif dekat, lokasinya juga sangat nyaman untuk berkemah bersama teman atau keluarga. Camping ground yang cukup luas, dikelilingi area pohon-pohon pinus yang teduh, juga kalian bisa menggantungkan hammock-hammock kalian dan bersantai menikmati udara pegunungan yang sejuk.

Selain itu, kalian juga bisa menemukan sebuah curug kecil yang sangat nyaman untuk nyurug dan menyegarkan tubuh kalian, Curug ini sering dinamai Curug Ngebul, sama dengan nama curug di Banjarwangi sana. Jika kalian ingin mengajak keluarga untuk berkemah ceria tanpa perlu perjalanan jauh dan melelahkan, Karacak Valley adalah tempatnya.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Karacak Valley di Sini
Tautan Paket Wisata: Study Tour Garut

[collapse]

Camping Ground Cibeureum

Camping Ground Cibeureum
Camping di Cibeureum. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Komunitas Jelajah Garut oleh Yoga Sundawa.

Camping di Cibeureum. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Komunitas Jelajah Garut oleh Yoga Sundawa.

  • Harga Tiket Masuk: Rp5.000,- per orang plus untuk berkemah (per 2017)
  • Daya Tarik: Situ/danau, hutan pinus, trek MTB, trek jalan-jalan di hutan, rute offroad.
  • Akses: Dari Terminal Guntur, naik angkot Samarang hingga pasar Samarang atau hingga sedekat mungkin dengan area Kamojang, lalu lanjutkan dengan ojek atau Angkutan Pedesaan (Angdes) hingga Arboretum Cibeureum. Lanjutkan dengan jalan kaki sekitar 5 menit ke camping ground atau 30 menit hingga Situ.

Ada dua area camping besar di Cibeureum. Satu lokasinya masih dekat dengan pintu masuk; di belakang Arboretum Cibeureum, sementara satu lagi berada di area sekitar Situ Cibeureum. Kedua lokasi ini dapat menampung puluhan hingga ratusan tenda, sehingga seringkali lokasi ini digunakan untuk acara camping dalam grup besar, seperti perkemahan pramuka.

Akses lokasi camping ground pertama terbilang sangat mudah. Tidak perlu trekking jauh, kalian sudah bisa mencapai camping ground ini. Sedangkan untuk mencapai Situ Cibeureum, kalian harus melalui jalan makadam didalam hutan pinus sekitar 2-3 km. Di kedua camping ground ini fasilitas toilet juga sudah tersedia, namun jika sedang sepi pengunjung, seringkali aliran air toilet dihentikan oleh pengelola. Jangan khawatir, kalian bisa langsung meminta petugas di loket tiket untuk mengalirkan kembali air toiletnya.

Jika sedang sepi, area ini menawarkan suasana malam yang sangat hening. Jika kalian tidak terbiasa dengan suasana hutan yang dingin dan sepi, lebih baik kalian datang bersama lebih banyak teman, agar suasana tidak berubah menjadi dingin dan seram.

Ada banyak yang bisa kalian lakukan di Cibeureum. Kalian bisa menemukan jalur sepeda gunung, rute off road, pendidikan penjelajahan, dan lokasi hutan pinus yang sangat nyaman untuk hammocking. Selain itu, di sekitar lokasi ini juga ada Pusat Konservasi Elang di mana kalian bisa belajar tentang upaya-upaya rehabilitasi dan pelestarian berbagai jenis Elang. Ada juga fasilitas Arboretum yang bisa kalian gunakan untuk mempelajari banyak jenis flora. Untuk rekreasi, kalian juga bisa sedikit berkendara ke arah Kamojang dan mengunjungi Kawah Kamojang.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Situ Cibeureum di Sini
Tautan Paket Wisata: Wisata Edukasi Konservasi Kamojang 1D

[collapse]

***

Camping Ground di Garut Selatan

Puncak Guha
Puncak Guha
Menyambut Sunrise Puncak Guha setelah camping di sini. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Menyambut Sunrise Puncak Guha setelah camping di sini. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: Rp5.000,- per orang dan camping membayar seikhlasnya (per 2017)
  • Daya Tarik: view samudera Indonesia dari puncak tebing karang berumput.
  • Akses: menggunakan kendaraan pribadi atau jasa rental mobil wisata lebih direkomendasikan.

Belum ada fasilitas penunjang apapun di Puncak Guha. Walaupun demikian, pemandangannya yang luar biasa indah, selalu berhasil menarik wisatawan untuk berkunjung, baik untuk sejenak sembari melintas menuju Rancabuaya maupun untuk berkemah.

Ketika pertama kali mengunjungi tempat ini sekitar tahun 2009 (waktu itu bahkan belum ada Jelajah Garut), tim Jelajah Garut pun melihat Puncak Guha sebagai sebuah tempat spektakuler untuk mendirikan tenda. Lokasi yang belum memiliki fasilitas penunjang wisatawan ini cukup luas untuk lebih dari sepuluh tenda. Mereka yang mencari tempat berkemah pun biasanya tidak terlalu ambil pusing dengan fasilitas karena sudah terbiasa menyatu dengan alam.

Kini Puncak Guha sudah menjadi salah satu tempat favorit bagi mereka yang menyusuri Pantai Selatan Garut. Warga sekitar sudah mencoba mengelola tempat ini, menagih biaya tiket masuk, dan menjajakan dagangan di hari-hari padat pengunjung. Walaupun demikian, hingga saat ini, belum terdapat fasilitas penunjang apapun di Puncak Guha. Toilet yang sudah coba dibangun pun seringkali berada dalam kondisi mengenaskan. Jadi lebih baik jika kalian membawa tenda toilet portabel, atau pastikan tubuh kalian telah mengeluarkan metabolismenya sebelum berkemah di Puncak Guha.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Puncak Guha di Sini
Tautan Paket Wisata: Beach Camp Garut South Coast, 2D1N

[collapse]

Pasir Pogor

Pasir Pogor (Bukit Teletubbies)
Pasir Pogor - 10 Tempat Camping Alternatif di Garut. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Pasir Pogor – 10 Tempat Camping Alternatif di Garut. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: Masuklah dari Mancagahar, Jalan Dewi Roro Kidul, sehingga kalian tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Bisa juga masuk lewat Pantai Sayangheulang dan membayar sesuai tarif masuk Pantai Sayangheulang.
  • Daya Tarik: bukit berumput dengan view laut (namun tidak langsung berbatasan dengan bibir pantai)
  • Akses: menggunakan kendaraan pribadi atau jasa rental mobil wisata lebih direkomendasikan. Kalian bisa naik mobil ke arah Cikelet, turun di Mancagahar, lalu lanjutkan dengan ojek; hanya saja moda transportasi umum ini kurang reliabel.

Pasir Pogor adalah sebuah bukit (pasir dalam Bahasa Sunda berarti bukit) berumput yang terletak tidak jauh di sebelah timur Pantai Sayang Heulang. Pasir Pogor ini terdiri dari beberapa perbukitan. Di bukit yang pertama kalian lihat dari arah Sayang Heulang kalian bisa mendirikan tenda. Di puncak bukit kecil ini kalian bisa melihat lansekap kecamatan Pameungpeuk yang hijau di arah utara, dan kalian bisa melihat Samudera Indonesia di arah selatan. View sunrise dan sunset bisa kalian dapatkan di sini. Jika cuaca cerah dan bersih, kalian bisa melihat siluet Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray di kejauhan.

Bukit kedua menyajikan pemandangan yang tidak kalah indah, dengan hamparan lansekap kecamatan Pameungpeuk dengan view yang lebih luas, juga pemandangan pegunungan yang memisahkan dataran rendah Garut Selatan ini dengan tanah tinggi Garut, serta view Samudera Indonesia. Hanya saja, bukit yang kedua ini sebenarnya adalah sebuah pemakaman, sehingga kalian mungkin tidak merasa nyaman untuk berkemah di sebelah makam-makam tersebut.

Spot ini dapat menampung banyak sekali tenda. Area berumputnya juga nyaman untuk digunakan berkemah. Namun jika kalian akan membawa banyak tenda, ada baiknya kalian meminta izin terlebih dahulu kepada warga atau pejabat pemerintahan setempat. Kelemahan dari spot ini adalah belum adanya fasilitas penunjang wisata seperti toilet, tempat ibadah, dan fasilitas lainnya. Letaknya juga cukup jauh dengan laut dan pemukiman warga, serta warung, sehingga kalian harus pergi lebih jauh untuk memenuhi kebutuhan kalian. Selain itu, di siang hari, tempat ini juga akan menjadi sangat panas karena disinari oleh terik matahari langsung.

Menyambut sunrise di Pasir Pogor setelah camping di sini. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Menyambut sunrise di Pasir Pogor setelah camping di sini. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Namun demikian, dengan keindahan pemandangannya tempat ini pantas menjadi tempat favorit untuk camping di Garut, mungkin memang menjadi tempat terfavorit untuk camping di Garut Selatan.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Pasir Pogor di Sini
Tautan Paket Wisata: Beach Camp Garut South Coast, 2D1N

[collapse]

Karang Papak

Karang Papak
Berkemah : Salah satu kegiatan favorit di Pantai Karang Papak. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Berkemah : Salah satu kegiatan favorit di Pantai Karang Papak. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: –
  • Daya Tarik: pantai yang tenang, sudah ada warung dan WC, rerumputan untuk berkemah.
  • Akses: menggunakan kendaraan pribadi atau jasa rental mobil wisata lebih direkomendasikan.

Pengalaman tim Jelajah Garut ketika pertama kali berkemah di Karang Papak ini membuat kita ketagihan. Pantai ini memang belum seramai dan seterkenal tetangganya, Pantai Santolo, sehingga kita tidak perlu berkemah dekat dengan penginapan-penginapan murah yang berjejer seperti di Pantai Santolo atau Sayangheulang.

Dari Pantai Santolo, teruslah berkendara ke arah Barat (ke arah Rancabuaya), kalian akan menemukan plang penanda Pantai Karang Papak kurang dari 10 menit. Masuklah hingga ke area pantai dan beloklah ke kiri ketika kalian mencapai bibir pantai. Tidak lama, kalian akan menemukan area berumput yang sangat nyaman dipakai untuk mendirikan tenda. Di sini bisa memuat hingga puluhan tenda.

Kalian tetap bisa menemukan warung-warung untuk memenuhi kebutuhan kalian. Warung-warung ini juga biasanya menyediakan toilet. Keindahan sunset pantai selatan dilihat dari dalam tenda di Pantai ini adalah salah satu yang terbaik. Kondisinya yang relatif sepi juga membuat kita ketagihan untuk berkemah di pantai ini, sangat cocok jadi tempat camping di Garut.

Oh ya, kelemahan lokasi ini adalah banyak semut merahnya, jadi gunakan tenda yang tertutup ya, Travelmate, dan hati-hati ketika menyimpan bahan makanan.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Karang Papak di Sini
Tautan Paket Wisata: Beach Camp Garut South Coast, 2D1N

[collapse]

Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong

 

Leuwi Tonjong, Kp Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Leuwi Tonjong, Kp Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

  • Harga Tiket Masuk: Rp25.000,- per orang.
  • Daya Tarik: sungai dengan aliran air dan terjunan yang unik, diapit dua tebing batu besar.
  • Akses: menggunakan kendaraan pribadi atau jasa rental mobil wisata lebih direkomendasikan.

Jika kalian ingin menjelajah semua spot di Cihurip, ada baiknya kalian menginap dan berkemah di sekitar Cihurip, terutama di sekitar Leuwi Tonjong. Di sekitar area leuwi juga ada luasan untuk mendirikan tenda jika kalian ingin berkemah. Ada luasan beberapa meter di atas bibir sungai yang relatif aman untuk mendirikan hingga 5-6 tenda kapasitas 4 orang. Ada juga beberapa luasan kecil lain yang bisa digunakan.

Kekurangan area camping ground ini adalah akses yang masih relatif sulit dijangkau serta fasilitas penunjang yang minim. Namun demikian, kalian bisa punya lebih banyak waktu untuk menjelajah Cihurip, dan berkunjung ke curug-curugnya yang indah, seperti Curug Cibadak dan Curug Nyogong, serta menikmati panorama Leuwi Tonjong itu sendiri.

Tautan Artikel: Baca Juga artikel tentang Leuwi Tonjong di Sini
Tautan Paket Wisata: Explore Cihurip 

[collapse]

***

Beberapa Camping Ground lain di Garut

Cilopang Camping Ground
Cilopang Adventure Camping Ground
Cilopang camping ground. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Cilopang camping ground. Camping di Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

[collapse]

Darajat Pass

Darajat Pass pad H
Darajat Pass pad H, acara Jambore Konservasi Pecinta Alam Garut. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

Darajat Pass pad H, acara Jambore Konservasi Pecinta Alam Garut. Camping di Garut. Info Wisata Garut. Foto Dokumentasi Jelajah Garut.

[collapse]

***

Sebagai pengingat, Travelmate, tidak diperkenankan berkemah di kawasan Cagar Alam, seperti di daerah Tegal Panjang dan Tegal Munding (Buffalo Hill) di Pegunungan Papandayan, atau di area Situ Ciharus, atau di area hutan Sancang, atau area Cagar Alam lainnya. Selain melanggar hukum, tempat-tempat tersebut memiliki resiko bahaya tersendiri.

Sebenarnya masih banyak tempat lain untuk camping di Garut; seperti di area Curug Cihanyawar, Cilawu, dimana kalian bisa menikmati panorama kebun teh dan Curug kecil Cihanyawar serta Curug Cisarua sedikit setelahnya. Ada juga Rest Area Cijotang di Cikandang Cikajang, dekat dengan Curug Orok dan Perkebunan Papandayan, ada Gunung Kelong di Cihurip, area Situ Kabuyutan dan Gunung Limbung. Di Garut utara, ada Batu Nungku di Limbangan, ada Gunung Sadakeling di Sukawening, dan banyak lagi.

***

Artikel Camping di Garut By Jelajah Garut
pictures via Jelajah Garut
Camping Ground Cibeureum pic by @yogasundawaariap, courtesy of Komunitas Jelajah Garut

***

Jual Kopi Garut (Klik Di Sini)

Jual Kopi Garut - Klik di gambar ini - Jelajah Garut Houseblend atau Garutan Single Origin

Jual Kopi Garut – Klik di gambar ini – Jelajah Garut Houseblend atau Garutan Single Origin



Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental

Pin It on Pinterest