Jelajah Curug Garut: 10 Curug Terindah di Garut versi tim Jelajah Garut

Garut memang punya banyak curug, tapi mana yang paling indah? Nah, ini dia 10 curug terindah di Garut versi tim Jelajah Garut

Sudah bukan rahasia lagi bahwa ada banyak air terjun yang indah di Garut. Dari penelusuran tim Jelajah Garut, di Garut ada lebih dari 30 air terjun/curug yang memiliki tinggi lebih dari 5 meter. Walaupun demikian, banyak dari curug-curug ini masih tersembunyi dan terjaga kelestariannya, sehingga tidak semuanya bisa dikunjungi untuk keperluan wisata. Nah, lewat artikel ini kita akan merangkum 10 Curug Terindah di Garut yang sering dikunjungi wisatawan.

Kondisi topografi Garut yang berbukit dengan kontur yang rapat, terutama di daerah Garut Selatan, membuat Garut kaya akan tebing-tebing tinggi. Kondisi topografi ini dilengkapi dengan banyaknya mata air dari banyak sumber, sehingga tebing-tebing ini tidak jarang juga menampilkan terjunan air yang sangat indah. Orang sunda sering menyebut air terjun ini dengan istilah Curug.

Seiring dengan booming-nya media sosial, curug-curug ini pun diperkenalkan oleh warga-warga lokal, dan mulai dikunjungi oleh anak-anak muda Garut yang hobi menjelajah, seperti kita dari tim Jelajah Garut ini. Banyak dari curug-curug ini kemudian menjadi terkenal setelah viral di media sosial. Namun demikian, patut dicermati bahwa tidak semua curug di Garut terletak di wilayah yang bisa dikunjungi untuk keperluan wisata. Banyak curug yang berada di wilayah hutan yang dilindungi.

Banyak dari curug ini masih menyediakan petualangan dan alam yang sangat asri dan harus ditempuh dengan tenaga ekstra menembus rimbun hutan hingga lereng-lereng curam, juga tidak menyediakan fasilitas penunjang apapun. Beberapa curug yang lain telah sering dikunjungi wisatawan, bahkan beberapa sudah mulai dikunjungi wisatawan asing.

Nah, ini dia 10 Curug Terindah di Garut.

List 10 Curug Terindah di Garut

1 Curug Sanghyang Taraje

1 Curug Sanghyang Taraje

Lokasi: Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan.

Curug Sanghyang Taraje adalah salah satu curug paling tinggi di Garut (curug lain yang lebih tinggi terdiri dari beberapa undakan atau masih tersembunyi dan terletak di dalam lokasi hutan lindung). Lokasinya yang relatif jauh dari perkotaan (2-3 jam berkendara dari Garut Kota) membuat lokasi ini masih sangat asri. Jalan yang cukup curam dan sempit akan menantang anda ketika berkendara ke curug ini. Walaupun demikian, curug ini adalah salah satu curug yang paling terkenal di Garut dan paling sering dikunjungi. Soalnya kalian tidak perlu trekking jauh-jauh; keindahan curug ini sudah dapat dilihat dari pinggir jalan sempit di desa Pakenjeng, Pamulihan.

Bentuk curugnya terbagi dua sejajar menyerupai Taraje (tangga bambu). Cerita rakyat yang melegenda di curug ini adalah bahwa dulu Sangkuriang menggunakan curug ini sebagai tangga/taraje menuju kahyangan. Karena itulah curug ini dinamai Sanghyang Taraje.

Curug Sanghyang Taraje. 10 Curug Terindah di Garut

Curug Sanghyang Taraje. 10 Curug Terindah di Garut

[collapse]
2 Curug Cibadak

2 Curug Cibadak

Lokasi: Desa Cisangkal, Kecamatan Cihurip

Jika diukur dari atas (dari terjunan pertama), ketinggian Curug Cibadak akan mengalahkan Curug Sanghyang Taraje. Karena itulah curug ini juga terlihat sangat menawan. Lokasinya masih sangat asri, dikelilingi oleh sawah dan tebing yang tinggi. Curug ini terdiri dari dua terjunan tinggi yang terlihat ikonik jika dipotret.

Tebing Curug Cibadak yang memiliki ketinggian lebih dari 100 meter ini dulu pernah dipanjat oleh kelompok pemanjat tebing Skygers bersama tim ekspedisi Metro TV. Walaupun demikian, hingga saat ini belum ada fasilitas penunjang wisatawan yang bisa diandalkan di sekitar curug. Untuk mengunjungi curug ini pun, kalian mesti berkendara lebih dari 3 jam dari Garut Kota menuju pelosok Garut Selatan di Kecamatan Cihurip.

Curug Cibadak, Desa Cisangkal, Cihurip, Garut. 10 Curug Terindah di Garut.

Curug Cibadak, Desa Cisangkal, Cihurip, Garut. 10 Curug Terindah di Garut.

[collapse]
3 Curug Ciharus / Curug Dano

3 Curug Ciharus / Curug Dano

Lokasi: Desa Dano, Kecamatan Leles

Dari 10 curug di daftar ini, 9 diantaranya terletak di kawasan Garut Selatan. Hanya satu yang berasal dari Garut Utara, dan itu adalah Curug Ciharus atau Curug Dano ini. Lokasinya terletak di Kecamatan Leles. Ketika artikel ini dibuat, akses menuju Desa Dano sedang diperbaiki. Walaupun demikian, kalian tetap harus siap dengan kondisi jalan pedesaan yang rusak.

Debit airnya tidak terlalu besar, namun ketinggiannya cukup untuk membuat para pengunjung merasa kerdil. Curug ini juga masih dikelilingi hutan yang cukup asri sehingga cocok untuk kalian yang juga menyukai kegiatan trekking di dalam hutan. Suasananya juga cukup tenang. Biasanya, curug ini dikunjungi oleh para pemuda lokal di akhir pekan.

Curug Dano atau Curug Ciharus di Kecamatan Leles, foto dari @topantipin. 10 Curug Terindah di Garut

Curug Dano atau Curug Ciharus di Kecamatan Leles, foto dari @topantipin. 10 Curug Terindah di Garut

[collapse]
4 Curug Rahong

4 Curug Rahong

Lokasi: dekat Jembatan Rahong, Kecamatan Cisewu

Curug Rahong dapat dikunjungi dengan relatif mudah jika kalian sedang melewati jalan utama Kecamatan Cisewu, yang biasa dilalui para pengendara dari Kabupaten Bandung jika hendak berwisata ke Rancabuaya. Curug ini terletak di dekat jalan raya, tepatnya di sekitar jembatan Rahong. Kalian hanya perlu turun dari jembatan dan berjalan sekitar 5 menit saja untuk melihat keunikan curug ini.

Curug Rahong ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5-10 meter saja. Namun formasi curugnya yang unik membuat curug ini sangat fotogenik dan sangat instagrammable ketika dipotret. Debitnya juga cukup besar dan kolam airnya akan mengundang kalian untuk menikmati kesegarannya. Dari Curug Rahong kalian tinggal berkendara sekitar 45 menit menuju Rancabuaya untuk mulai menjelajah pantai-pantai unik lain di sekitar Kawasan Wisata Rancabuaya.

Curug Rahong, Cisewu, terlewati di jalur ke Rancabuaya via Bandung-Pangalengan. 10 Curug Terindah di Garut.

Curug Rahong, Cisewu, terlewati di jalur ke Rancabuaya via Bandung-Pangalengan. 10 Curug Terindah di Garut.

[collapse]



5 Curug Nyogong
5 Curug Nyogong

Lokasi: Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip

Selain Curug Cibadak, Kecamatan Cihurip juga memiliki Curug Nyogong yang juga sangat cantik. Bahkan di sekitar Curug Nyogong, ada curug-curug lain yang masih asri dan hampir belum terjamah. Air Curug Nyogong berasal dari curug lain di atasnya yang bernama Curug Cialeuan. Curug Nyogong sendiri adalah curug yang relatif rendah, namun cukup lebar, dengan debit air yang sangat besar, sehingga kami menghimbau pengunjung untuk tidak masuk ke air, terutama pada musim hujan ketika debit air bisa menjadi sangat berbahaya.

Walaupun kalian tidak terjun ke air, kalian tetap bisa menikmati keindahan alamnya, serta merasakan besarnya debit air Curug Nyogong yang menggetarkan. Jika hendak mengunjungi Curug Nyogong, rencanakan perjalanan kalian dengan baik. Jangan datang terlalu sore karena kabut tebal bisa tiba-tiba turun dan mempersulit kalian.

Curug Nyogong, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip. 10 Curug Terindah di Garut.

Curug Nyogong, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip. 10 Curug Terindah di Garut.

[collapse]

6 Curug Jaga Pati

6 Curug Jaga Pati

Lokasi: Kp. Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet

Sudah beberapa kali tim Jelajah Garut mengantar wisatawan mengunjungi Curug Jaga Pati, dan setiap kali itu pula para wisatawan terpana melihat curug ini. Memang, curug ini memiliki struktur undakan yang sangat unik, air yang bersih, alam sekitar yang hijau dan asri, serta debit air yang tidak kecil juga tidak besar, sehingga sangat mengundang pengunjung untuk menikmati alirannya. Walaupun demikian, belum ada fasilitas penunjang wisatawan di curug ini.

Untuk mengunjungi curug ini, para pengunjung harus berjalan melewati jalan kampung, masuk ke area sawah, dan turun ke dalam hutan. Perjalanan ini juga menjadi daya tarik tersendiri sebelum para pengunjung melihat Curug Jaga Pati sebagai daya tarik utamanya. Jika cuaca cerah, dari Kampung Padarame, kalian bisa melihat Curug Cibadak yang tinggi menjulang di kejauhan.

Nah, ada pantangan untuk tidak mengunjungi Curug Jaga Pati ini di hari Selasa dan hari Jum’at lho Travelmate, baca infonya di sini ya.

Teh Safa dan Kang Dag dari Norwegia di Curug Jaga Pati (Paket Wisata Garut, Explore Cisompet)

Teh Safa dan Kang Dag dari Norwegia di Curug Jaga Pati (Paket Wisata Garut, Explore Cisompet)

[collapse]

7 Curug Orok

7 Curug Orok

Lokasi: Cikandang, Kecamatan Cikajang

Nah, jika kalian ingin mencari curug yang paling mudah diakses dan paling sering dikunjungi untuk keperluan wisata, kalian bisa mengunjungi Curug Orok di Cikajang. Di sekitar curug telah ada berbagai fasilitas penunjang wisatawan, sehingga kalian tidak perlu khawatir. Walaupun demikian, jika kalian membawa anak kecil, kalian harus menjaganya dan tetap berhati-hati, terutama ketika menuruni tangga menuju curug.

Curug Orok ini juga terletak di area perkebunan teh yang luas dan indah, sehingga kalian juga bisa menikmati panorama kebun teh ini. Di akhir pekan, biasanya curug ini dikunjungi cukup banyak wisatawan lokal. Curug Orok dapat ditempuh sekitar dua jam berkendara dari Garut Kota.

Curug Orok. Cikajang. 10 Curug Terindah di Garut.

Curug Orok. Cikajang. 10 Curug Terindah di Garut.

[collapse]

8 Curug Dengdeng

8 Curug Dengdeng

Lokasi: Desa Margamulya, Kecamatan Cikelet

Jika kalian suka dengan petualangan penuh tantangan, menempuh jalan makadam berbatu yang melelahkan, menembus pelosok terdalam dari kawasan Garut Selatan, untuk melihat keindahan luar biasa dari alam dan kehidupan masyarakatnya, kalian harus pergi melihat Curug Dengdeng. Curug ini adalah salah satu yang aksesnya paling sulit selama sejarah tim Jelajah Garut mencari curug-curug di Garut. Namun demikian, keunikan dan keindahan curug ini juga langsung masuk ke dalam list 10 Curug Terindah di Garut versi kita.

Curug ini terbentuk dari formasi dinding batu yang unik. Debit airnya besar, namun terdistribusi merata sepanjang dinding batu yang terlihat sangat cantik di pagi hari. Petualangan dan rintangan yang sangat sulit akan langsung terbayar tuntas ketika kalian sampai di curug ini. Pastikan rencana perjalanan kalian tersusun dengan baik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, mengingat akses masuk dan keluar area curug yang relatif sulit. (perkiraan 6-7 jam perjalanan dari Garut Kota)

Curug Dengdeng, Explore Cisompet. 10 Curug Terindah di Garut.

Curug Dengdeng, Explore Cisompet. 10 Curug Terindah di Garut.

[collapse]

9 Curug Ciarjuna

9 Curug Ciarjuna

Lokasi: Area PLTMH PT Arkora Indonesia, Desa Panawa, Kecamatan Pamulihan

Curug Ciarjuna ini terletak di area Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro milik PT Arkora Indonesia, sehingga untuk masuk ke area curug, kalian harus meminta izin kepada petugas setempat. Kalian bisa mencapai curug ini dengan berkendara, namun jangan salah, akses menuju Curug ini hampir sesulit akses menuju Curug Dengdeng. Kalian harus melewati jalan makadam berbatu selama beberapa jam, sebelum sampai ke curug yang sangat cantik ini.

Baca juga catatan perjalanan founder Jelajah Garut mengunjungi Curug Ciarjuna ini di sini.

Bersantai dengan air bag di Curug Ciarjuna yang indah. 10 Curug Terindah di Garut.

Bersantai dengan air bag di Curug Ciarjuna yang indah. 10 Curug Terindah di Garut.

[collapse]

10 Curug Cikawung

10 Curug Cikawung

Lokasi: Kecamatan Cisewu

Curug Cikawung merupakan rising star curug yang baru terkenal di satu tahun terakhir ini; bersama Curug Rahong melengkapi julukan Kecamatan Cisewu (air seribu) sebagai Kecamatan dengan seribu mata air. Mirip dengan Curug Jaga Pati, Curug Cikawung juga terdiri dari beberapa formasi undakan yang unik dan fotogenik; karena itulah banyak orang tertarik mengunjungi curug ini setelah melihat pemandangan curugnya dari instagram.

Curug Cikawung, Cisewu. foto dari @dikikhaerudin.

Curug Cikawung, Cisewu. foto dari @dikikhaerudin.

[collapse]

Special Mentions: Curug-curug Lain di Garut

Special Mentions: Curug-curug Lain di Garut

Nah, bisa jadi kalian berbeda pendapat dengan tim Jelajah Garut. Kalian bisa kasih komentar list kalian sendiri untuk 10 Curug Tercantik di Garut.

Selain curug-curug yang telah disebutkan di atas, ada juga curug-curug lain yang patut disebutkan karena juga telah banyak dipamerkan di media sosial, seperti Curug Cibuni Racun, Curug Kancil, Curug Madi, Curug Utang, Curug Angkeub, Curug Cihanyawar, Curug Cisarua, Curug Batu Nyusun, Curug Citiis, Curug Ngaleng, Curug Tujuh Neglasari, Curug Salawe, Curug Asik, dan banyak lagi. Kekayaan curug-curug di Garut ini masih terus kita dokumentasikan, berikut dengan kekayaan budaya masyarakat di sekitar curugnya.

[collapse]

 

Ayo Ajak Teman dan Keluarga untuk Trip Jelajah Curug Garut!

Ada banyak keseruan yang bisa dilakukan ketika kalian menjelajahi curug-curug di Garut, dari mulai melihat keindahan alamnya, menikmati kesegaran airnya, pengalaman trekking di hutan menuju curug, hingga kelezatan sajian nasi liwet yang bisa disantap sambil menikmati keindahan curug. Kalian juga bisa memadukan trip jelajah curug dengan off road atau destinasi lain seperti hiking Papandayan atau beach camp Pantai Selatan.

Ingin menikmati keindahan curug-curug di Garut? Hubungi langsung contact person Tour Organizer kita di: 0822-1622-2209

Lihat juga paket-paket wisata Garut lainnya di sini.

***

Jika ada curug cantik yang tersembunyi di kampung kalian, kalian juga bisa memanggil tim Jelajah Garut untuk mendokumentasikannya!

Kalau 10 Curug Tercantik di Garut versi kalian apa aja nih!? Silakan isi di kolom komentar. 😀

Fajrin Yusuf M.
Tim Jelajah Garut,
foto dokumentasi tim Jelajah Garut 

***

Dukung terus Jelajah Garut melalui usaha-usaha kecil yang kita jalankan:

Jelajah Garut Merchandise | Jelajah Garut Tour Organizer | Jelajah Garut Outdoor Gear Rental 

***



Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Pin It on Pinterest

Shares
Share This